CETAK GOL - Aksi Wilian Lira (kanan) saat mencetak gol ke gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

BANJARMASIN (Bisnis Jakarta) – Barito nyaris saja mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Namun, kelengahan di menit-menit akhir membuyarkan kemenangan tuan rumah. Bali United sukses mencuri poin dari markas Barito Putera, Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Rabu (25/10) petang WIB, pada pekan 31 Liga 1 2017 lewat sontekan Sylvano Comvalius. Tak ada satupun pemain Barito yang menjaga Comvalius saat menerima umpan Yandi Sofyan pada menit 90+2. Barito membuat Bali United kesulitan sepanjang laga, hingga akhirnya Sylvano Comvalius jadi aktor penyelamat yang menjaga asa Serdadu Tridatu merebut gelar juara.

Tuan rumah Barito membuka peluang pada menit ketiga melalui sepak pojok, umpan penjuru Rizky Pora disundul Aaron Evans namun sayang tak tepat sasaran. Bali United kesulitan menembus pertahanan dari Barito pada sepuluh menit awal pertandingan.

Menit 14′ lini belakang Bali United mampu dikecoh Pora, tapi sepakan Pora melenceng. Tiga menit kemudian gol pun hadir untuk tuan rumah, umpan silang Nazar Nurzaidan disambut Willian Lira yang lolos dari jebakan offside dengan sedikit sentuhan saja.

Pertahanan Barito begitu rapat dan teratur, Sylvano Comvalius yang biasa sangar tak diberi ruang untuk bebas menerima umpan dari rekan-rekannya. Serangan Bali United sendiri monoton, terlalu mengandalkan umpan silang yang sering mudah diamankan.

Barito sering memberi ancaman untuk Bali United, menit 24′ Lira mendapat ruang usai menerima umpan Pora, namun bola diblok Ricky Fajrin. Kemudian, sundulan Lira bisa ditepis Wawan Hendrawan dengan brilian. Skor 1-0 akhirnya tak berubah hingga turun minum.

Lima menit babak kedua berjalan, Bali United akhirnya menarik Nick van der Velden yang kurang maksimal untuk digantikan Yabes Roni. Menit 55′ Barito nyaris unggul lebih jauh, kalau saja tendangan Pora menyambut umpan silang datar Gavin Kwan tak melenting.

Tak ada perubahan signifikan dari cara Serdadu Tridatu bermain, pertahanan Barito masih terlalu sulit dibongkar Irfan Bachdim cs hingga 70 menit laga berjalan. Barito sesekali melakukan serangan balik, yang masih bisa dimentahkan oleh Wawan Hendrawan.

Peluang langka akhirnya didapat Sylvano Comvalius pada menit ke-72, umpan silang Irfan Bachdim dari sisi kiri disambut Comvalius dengan sundulan ke gawang. Sayangnya, Adhitya Harlan dalam posisi tepat dan sigap menangkap bola sundulan Comvalius.

Kedua kiper bermain bagus, Wawan berulang kali menepis usaha pemain Barito dan Adhit juga dengan manis menepis bola sundulan Yabes menit 74′. Menit-menit akhir, Abdul Rahman masuk dan dijadikan striker demi Bali United mengejar ketertinggalan.

Dramatis! Bali United bisa menyamakan kedudukan pada injury time. Sylvano Comvalius akhirnya bisa dengan bebas menyambut bola umpan dari Yandi Sofyan. Barisan belakang Barito lengah dan laga pun berakhir sama kuat, 1-1. (grd)