JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Tim nasional U-19 Indonesia berjaya di laga pertamanya di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Paju, Korea Selatan, setelah menaklukkan Brunei Darussalam 5-0, Selasa. Kelima gol Indonesia tersebut dicetak oleh penyerang Rafli Mursalim pada menit ke-12, pemain Brunei Haris Herman (bunuh diri 44′), Muhammad Iqbal (51′), Egy Maulana Vikri (56′) dan Saddil Ramdani (61′).

Dari laga tersebut, pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menurunkan para pemain andalannya seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rifad Marasabessy dan Rachmat Irianto sejak awal. Hasilnya, Indonesia langsung tampil menekan sejak peluit awal ditiup oleh wasit asal Vietnam, Vo Minh Tri.

Rapatnya pertahanan lawan sempat membuat Garuda Nusantara kesulitan, tetapi kebuntuan akhirnya pecah para menit ke-12 setelah penyerang yang merupakan alumni Liga Santri Nusantara Rafli Mursalim menanduk bola masuk ke gawang Brunei Darussalam, memanfaatkan umpan Firza Andika dari sisi sayap kiri Indonesia.

Setelah itu, Indonesia terus ngotot mencari gol lain dan baru bisa terwujud pada menit ke-44. Pemain Brunei Darussalam Haris Herman membelokkan bola hasil sundulan Asnawi Mangkualam ke gawangnya sendiri.

Skor 2-0 di babak pertama tidak membuat Egy Maulana dan rekan mengendurkan semangat. Enam menit paruh kedua berjalan, Muhammad Iqbal dengan jeli men-“chip” bola untuk membuat gol tanpa bisa ditahan kiper Rahimin Bin Abdul Ghani.

Egy Maulana Vikri kemudian menggenapi skor menjadi 4-0 di menit ke-56. Keunggulan Indonesia dengan skor 5-0 pun ditutup oleh gol Saddil Ramdani yang tendangan kerasnya dari jarak jauh tak bisa diantisipasi barisan pertahanan lawan.

Kemenangan 5-0 tersebut membuat skuat Garuda Nusantara untuk sementara memimpin klasemen Grup F, disusul Malaysia yang sebelumnya menaklukkan Timor Leste 3-1. Sementara satu timnas lain di Grup F, sekalgus tuan rumah kualifikasi, Korea Selatan baru menjalani laga perdananya pada Kamis (2/11).

Berikutnya, timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada Kamis (2/11) di Stadion Paju, Korea Selatan, mulai pukul 10.00 WIB. (grd/ant)