RAZIA PETASAN – Kapolres Bogor AKBP. Andi M. Diky, saat memusnahkan ribuan jenis petasan dan kembang api, di halaman Mapolres Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Jajaran Polres Bogor makin gencar melakukan operasi dan razia pabrik petasan dan kembang api di wilayah Kabupaten Bogor. Razia ini dilakukan untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran,  seperti yang terjadi di daerah Kosambi, Kabupaten  Tangerang beberapa waktu lalu.

Kapolres Bogor AKBP Andi M. Diky, mengatakan, razia lokasi home industri pembuat dan penjulan petasan dan kembang api di wilayah hukum Polres Bogor ini akan terus dilakukan untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat dalam menghadapai Natal dan Tahun Baru 2018.

 “Saya sudah perintahkan ini kepada seluruh jajaran baik Polres dan Polsek untuk melakukan hal ini. Tujuan dari operasi ini untuk upaya mencegah agar peristiwa di Kosambi tidak terjadi di Kabupaten Bogor,” kata AKBP. Diky, di Mapolres Cibinong, Kabupaten Bogor. Selasa, (07/11).

Kapolres Bogor itu menyebutkan, bahwa  dalam razia yang digelar jajarannya bersama aparat terkait dalam beberapa pecan terakhir ini saja setidaknya telah berhasil disita dan dimusnahkan sebanyak 815.725 butir petasan dan kembang api berbagai jenis dan ukuran.  “Kami juga temuka satu ember besar berisi bahan untuk membuat petasan dan kembang api, dari sebuah gudang di daerah Parung,” ungkapnya.

Semua barang bukti yang berhasil ditemukan petugas tersebut, langsung dibawa ke Mapolres Bogor untuk dimusnahkan dengan cara di siram menggunakan air.  “Kita juga imbau peran aktif dari warga masyarakat, apabila melihat atau mengetahui di wilayahnya ada yang memproduksi petasan segara melapor kepada kami. Pembuatan petasan dan kembang api ini sangat berbahaya untuk keselamatan jiwa. Apalagi itu dilakukan di lokasinya pemukiman padat penduduk,” pringat Kapolres Bogor AKBP. Andi M. Diky. (bas)