JAKARTA (Bisnis Jakarta) – PT Asuransi BRI Life, perusahaan asuransi jiwa nasional milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini terus menunjukan pertumbuhan yang signifikan sesuai target yang ditetapkan perusahaan. Angka pertumbuhan ini, memberikan gambaran optimis sampai akhir 2017 serta menunjukkan sinyal positif bagi pertumbuhan bisnis asuransi BRI Life di tahun 2018 mendatang.

Secara keseluruhan kinerja BRI Life mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan. Hal ini memberikan gambaran kinerja cukup bagus sampai dengan kuartal III tahun 2017. Pertumbuhan ini sekaligus memberikan gambaran, selain ekonomi nasional yang terus tumbuh, juga memberikan sinyalemen bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa turut meningkat.

Dirut BRI Life Rianto Ahmadi saat Media Gathering di Jakarta, Kamis (9/11) mengatakan, keseluruhan Total Pendapatan Premi BRI Life sampai dengan kuartal III-2017 bertumbuh. “Total pendapatan premi BRI Life sampai dengan kuartal ketiga 2017, mencatat pertumbuhan di industri sebesar 11,6%, dari Rp 2,202 triliun di tahun 2016 menjadi Rp 2,456 triliun di banding periode yang sama 2017. Pendapat premi dari jalur distribusi Bancassurance merupakan kontributor terbanyak atas total pendapatan premi, yakni sebesar 362,65 milyar,” jelas Rianto.

Pendapatan premi dari jalur distribusi bancassurance ini meningkat sebesar 135,7% sampai dengan kuartal ketiga 2017 dibanding periode yang sama di tahun 2016. Untuk ANP jalur distribusi Agency juga mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 69,36%, dari Rp 26,37 milyar di kuartal III-2016 menjadi Rp 44,66 milyar di periode yang sama 2017.

Pertumbuhan signifikan lainnya adalah dari sisi asuransi mikro, dimana pertumbuhan polis meningkat menjadi sebesar 56,9% dari 1,53 juta Polis di kuartal III-2016 meningkat menjadi 2,4 juta polis di periode yang sama di 2017.

Rianto menambahkan, pencapaian pertumbuhan ini menjelaskan bahwa asuransi BRI Life terus tumbuh, melalui komitmen dan literasi yang terus disampaikan terutama kepada nasabah serta masyarakat umum lainnya. “Kami optimis kinerja asuransi BRI Life akan terus meningkat signifikan sampai akhir tahun 2017,” katanya.

Tenaga Pemasar

Terkait tenaga pemasar, Direktur Pemasaran BRI Life Fabiola N. Sondakh menjelaskan, peningkatan jumlah tenaga pemasar BRI Life pada kuartal ketiga tahun ini meningkat sebesar 84,6% menjadi sekitar 2400 orang tenaga pemasar, dibandingkan dengan periode yang sama ditahun 2016 sebanyak 1300 orang. Jumlah terbanyak dari total tenaga pemasar tersebut berasal dari jalur distribusi Bancassurance.
“BRI Life akan terus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap bisnis asuransi perusahaan, dengan merekrut tenaga pemasar berlisensi yang handal dan berkualitas,” ungkap Fabiola.

Bertepatan dengan HUT BRI Life ke-30, BRI Life juga me-release film pendeknya yang berjudul “Life is Full Of Surprises” besutan sutradara muda Livi Zheng. Terkait film pendek yang diproduksi BRI Life tersebut, Fabiola menjelaskan, film pendek ini sebagai salah satu media untuk lebih memperkenalkan BRI Life ke masyarakat luas. “Kami juga sudah mempersiapkan film pendek lainnya yang lebih memperkenalkan asuransi mikro kepada masyarakat, sebagai bentuk dukungan BRI Life atas program pemerintah (OJK) dalam hal mengedukasi masyarakat agar lebih mengenal asuransi khususnya asuransi mikro,” papar Fabiola. (son)