DEPOK (Bisnis Jakarta) – Untuk mengenalkan sarana pemasaran ikan segar bantuan Kementerian Pertanian (Kementan), rencananya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok akan menghadirkan sarana pemasaran ikan segar yang telah dipinjamkan secara cuma-cuma kepada pedagang ikan pada kegiatan Pasar Tani di Balai Kota, Jumat (10/11) besok.

“Sarana pemasaran ikan segar telah diberikan dan diuji coba dua pekan, kepada salah satu pedagang keliling yang biasa berdagang di daerah Cimanggis. Besok saat kegiatan Pasar Tani, rencananya akan kita hadirkan beserta pedagangnya untuk memperkenalkan kepada warga, bahwa ada sarana baru yang memenuhi standar keamanan pangan,” ujar Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok Ita Wilda, di Balai Kota, Kamis (09/11).

Pihaknya mengakui, sarana pemasaran ikan segar belum diluncurkan secara besar-besaran, sebab masih dalam tahap uji coba di bawah pengawasan Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Jakarta. “Ini kan bentuk kerja sama kami dengan BBP2HP, jadi belum besar-besaran. Tujuannya menghadirkan alat ini di Pasar Tani untuk memperkenalkan dan menampung pendapat masyarakat terhadap inovasi dari BBP2HP. Kalau dirasa efektif, nanti sarana bisa diperbanyak dan didistribusikan kepedagang ikan di Kota Depok,” tambahnya.

Pihaknya berharap, pendemonstrasian sarana pemasaran ikan segar mampu menarik perhatian warga serta Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang ikut mengisi stan Pasar Tani. Ini juga merupakan salah satu upaya, agar Pasar Tani tidak sepi peminat. “Semoga kegiatan ini membuat suasana semakin meriah, sehingga mampu menarik pengunjung untuk membeli hasil tani yang dibawa oleh KTNA Kota Depok,” katanya. (jif)