DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim sebagai wilayah penyangga Ibu Kota yang memiliki potensi ekonomi menjanjikan, termasuk bidang perdagangan hewan. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengaku tengah mengkaji untuk berencana membuka pasar hewan khusus perdagangan hewan.

“Depok itu kan posisinya strategis di antara Jakarta dan Bogor, kita tangkap peluang dari sisi pemasarannya. Rencana pasar hewan sedang kami kaji, jika nanti sudah siap akan kita ajukan ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok untuk penentuan lokasi. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa terealisasi,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida, ,Selasa (14/11).

Diakuinya, Kota Depok bukan merupakan sentra produksi, namun penduduk kota yang baru berusia 18 tahun ini setiap tahunnya meningkat. Dengan peningkatan penduduk tersebut, menjadi peluang bagi penjual hewan untuk melakukan transaksi ekonomi di tempat yang telah disediakan.

“Kami melihat peluang usaha bagi penjual hewan. Karena selama ini pedagang hewan di Depok belum memiliki ruang khusus, mengapa tidak kami sediakan fasilitasnya. Nantinya akan ada banyak transaksi ekonomi di sana, karena perdagangan hewan akan terpusat di lokasi tersebut,” tambahnya.

Adapun lokasi yang nantinya akan dipilih, kata dia, adalah di wilayah Tapos dengan luas lahan 2 sampai 4 hektare. Ia menilai, Tapos dipilih karena masih memiliki lahan yang cukup luas. “Kami sudah survei, rencananya kami pilih di wilayah Tapos karena luas lahannya masih memungkinkan. Kami ajukan 4 hektare atau 2 hektare minimal untuk mendirikan pasar hewan,” ucapnya.

Untuk jadwal operasional, lanjutnya, pihaknya akan mengatur hari yang tepat dan jenis hewan yang dijual harus berbeda. Menurutnya, semua hal teknis akan dibahas pada rancangan yang saat ini masih dalam tahap proses. “Bisa saja hari Senin khusus hewan potong, Selasa hewan peliharaan dan seterusnya. Itu bagaimana nanti, yang jelas tujuan kami memfasilitasi pedagang hewan agar memiliki tempat,” katanya. (jif)