JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Kegiatan Workshop Penelitian dan Pengabdian kepada  Masyarakat oleh APTISI KOPERTIS Wilayah 3 DKI Jakarta taggal 14 sd 15 November 2017 di  IPMI Kalibata yang diikuti 75 peserta se-Indonesia mulai dari Medan, Kaltim, Jatim, Sulsel, dan PTS se-Jawa-Bali. Workshop dibuka Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah 3 DKI, Putut, sambutan dari Sekjen APTISI Prof Raihan dan Host acara ini oleh Direktur IPMI Jimmy Gani.

Kegiatan tahunan ini meningkatkan jumlah proposal dosen PTS untuk bisa lolos dan didanai Kemristekdikti. Hasil Workshop meningkat 100 persen dari proposal yang didanai DP2M Kemristekdikti pada tahun ini. Sedangkan Workshop proposal riset dan abdimas ini akan diusulkan untuk Tahun Anggaran 2018 mendatang. Riset merupakan Core dari Tridharma Perguruan Tinggi yg mana dosen bisa mendapatkan poin dan coin, yg artinya Poin untuk Kenaikan Jabatan untuk Akreditasi Prodi dan Institusi, sedangkan Coin untuk kesejahteraan dosen meningkat dengan mendapatkan pendanaan dari Risetnya yg berkisar Rp20 juta sampai Rp1 milyar pertahunnya.

Dalam workshop ini, Rektor Universitas Budi Luhur  Prof.Dr.sc.agr.Ir. Didik Sulistyanto  sebagai Keynote Speaker menjelaskan secara rinci trik dalam  penyusunan proposal riset supaya bisa didanai Kemristekdikti dan meningkatkan Kualitas dan Kuantitas proposal riset Dosen PTS se Indonesia. (grd)