JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan peran Badan Litbang tidak saja melakukan Penelitian dan Pengembangan semata tapi harus mampu jadi driver penerapan teknologi dan informasi di transportasi melalui inovasi dan kreativitas sebagai kontribusi nyata dalam mendorong kebijakan sektor perhubungan dan program Nawacita. “Badan litbang kita nyatakan sebagai center of knowledge dan harus siap menerima era digital karena merupakan suatu keniscayaan,” ujar Menhub sebagai keynote speaker pada Forum Kelitbangan Kementerian/Lembaga (FKK) di Jakarta, Selasa (21/11).

Budi Karya menjelaskan Badan Litbang harus dapat menjawab permasalahan transportasi dan perkembangan teknologi transportasi serta isu-isu global. “Badan Litbang harus dapat menjawab tuntutan atas permasalahan dan permasalahan transportasi serta isu-isu global yang mengharuskan penelitian tidak lagi bersifat desk study tetapi juga engineering research,” jelas Menhub Budi.

Menhub mengatakan, kegiatan penelitian Badan Litbang mulai diarahkan ke penelitian terapan melalui penelitian pengembangan inovasi teknologi. “Melalui transformasi tersebut, Badan Litbang Perhubungan diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan perannya dalam setiap perumusan dan pengambilan kebijakan transportasi karena Badan Litbang harus mampu mengambil langkah-langkah dalam pembaharuan, inovasi dan reformasi di sektor transportasi,” jelas Budi Karya.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Badan Litbang harus dapat berkolaborasi dengan Lembaga Perguruan Tinggi, Kementerian/Lembaga Pemerintah untuk memberikan temuan terbaru dalam ilmu pengetahuan bidang transportasi. “Dibutuhkan kolaborasi melalui kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi dan Litbang dari berbagai Kementerian/ Lembaga pemerintah, baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk mengembangkan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan manajemen di bidang transportasi. Sehingga terdapat masukan-masukan yang dapat menjawab permasalahan atau isu yang ada,” terang Budi Karya.

Selanjutnya, Menhub berharap melalui forum ini dapat mensinergikan penelitian dan pengembangan dalam mendukung kualitas berbagai kebijakan prioritas nasional melalui inovasi dan kolaborasi penelitian antar lembaga kelitbangan dan stakeholder. “Harapan saya melalui kegiatan Forum Komunikasi Kelitbangan ini dapat menjadi moment yang tepat untuk mensinergikan rencana riset antar Kementerian/ Lembaga dan Perguruan Tinggi dengan fokus pada bidang yang relevan dengan permasalahan transportasi saat ini. Harapan besar kami agar Badan Litbang Perhubungan lebih berperan memberikan masukan dalam proses pengambilan keputusan Kementerian Perhubungan baik melalui naskah akademis maupun teknis,” tutup Menhub.

Hadir dalam acara Forum Komunikasi Kelitbangan diantaranya Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti, kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bambang Subiyanto serta Rektor dari beberapa Universitas di Indonesia. (son)