DEPOK (Bisnis Jakarta) – Sebanyak 275 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok menghadiri Gerakan Nasional UMKM Go Online yang digadang-gadang untuk mewujudkan program pemerintah menuju 8 juta UMKM go online. Kegiatan yang di fasilitasi dan edukasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tersebut juga diklaim merupakan bagian dari membangun ekonomi kerakyatan.

Kepala Seksi Perancangan Pemberdayaan Aplikasi dan Konten Kemenkominfo, Yusnita Hapsari Utami menjelaskan, visi ekonomi Indonesia 2020 menjadi, The Digital Energy of Asia dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 miliar. Namun, untuk mewujudkan visi tersebut, ada tantangan yang harus diselesaikan secara seimbang dan serentak seperti globalisasi dan sistem ekonomi yang adil, produktif, berpihak pada rakyat, serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan mandiri.

“Kemenkominfo bersama Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce sama-sama melakukan gerakan nasional digitalisasi UMKM dengan memberikan fasilitas dan edukasi kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan era digital ini untuk mengembangkan usaha,” jelasnya di Gedung Dibaleka II, Balai Kota DepokRabu, (22/11).

Menurutnya, UMKM merupakan representasi ekonomi rakyat yang dapat menyerap tenaga kerja sekitar 90 persen dan memberikan kontribusi sebesar 58 persen pada Produk Domestik Bruto Nasional (PDBN). Menurutnya, penjualan secara online juga ikut meningkatkan pendapatan UMKM.

“Sesuai hasil survei UMKM yang telah online, menunjukkan kalau penjualan secara online meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26 persen dan peningkatan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap,” katanya.

Selain itu, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM) DKUM Kota Depok, Rina Fitriani Bahar, menyambut baik program Kemenkominfo tersebut. Menurutnya, program Kemenkominfo sangat positif dan pihaknya akan mendukung penuh program tersebut.

“Ini merupakan program dari Kemenkominfo dalam mendorong UMKM untuk go online dengan menggadeng berbagai pelaku bisnis e-Commerce dan mereka minta diundang ratusan peserta.  Diharapkan dengan edukasi itu masalah yang selama ini jadi halangan untuk memasarkan secara online dapat diatasi,” pungkasnya. (jif)