DEPOK (Bisnis Jakarta) – Festival Perahu Naga 2017 bakal kembali digelar.  Rencananya gelaran tersebut dilaksanakan 25 November 2017 di Situ Pedongkelan Kampung Areman, Kelurahan  Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Pelatih Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Depok Santyawati mengatakan Festival Perahu Naga sudah kedua kalinya dilaksanakan. Festival tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar KONI Depok dan Podsi Depok.

“Pendaftaran dibuka dari 11 hingga 24 November 2017. Perlombaan yang dibuka ialah kategori pendayung 12 kru atau perahu naga dengan hadiah pertama uang tunai sebesar  Rp7 juta, kedua Rp 5 juta dan ketiga Rp 3 juta ” ujarnnya.

Pertandingan perahu naga menggunakan sistem gugur. Jadi panitia tidak membatasi jumlah peserta yang mendaftar. “Sudah ada 12 tim dari  luar Depok yang mendaftar. Untuk Kota Depok sendiri sudah 16 tim. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih dibuka pendaftarannya gratis tanpa biaya,” jelasnya.

Kanti, sapaan akrabnya,  mengungkapkan dalam festival perahu naga nantinya akan berkeliling ke situ yang ada di Kota Depok. Jika tahun lalu di Situ Rawa Besar, tahun ini bertempat di situ Pedongkelan dan tidak menutup kemungkinan tahun berikutnya akan di situ wilayah Barat atau Sawangan. “Lomba perahu naga bertujuan agar  masyarakat kota Depok mengetahui bahwa di kota Depok ini ada sekitar 22 setu yang bagus dan berpotensi sebagai tempat untuk rekreasi dan olahraga air,” ungkapnya.

Festival perahu naga menarik minat masyarakat terhadap olahraga dayung. Kegiatan ini juga merupakan bentuk promosi olahraga dayung kepada masyarakat. “Lomba perahu naga untuk mensosialisasikan olahraga  dayung kepada masyarakat sekaligus menjaring atlet muda.  Tahun ini juga akan dilakukan pengenalan Canoe Slalom yakni olahraga yang membakar adrenalin, di mana pendayung harus menempuh jalan mereka sejauh 300m dengan cepat,” jelasnya. (jif)