DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) mengaku secara resmi telah membuka pendaftaran sayembara desain pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau  Alun-alun Kota, sejak 21 November hingga 11 Desember 2017 mendatang.

Ketua Tim Teknis Sayembara RTH, Herry Restu Gumelar mengatakan, persyaratan dalam sayembara desain RTH di antaranya peserta sayembara harus berkelompok dengan jumlah anggota 3 sampai 5 orang, yang salah satu anggotanya telah berpraktik secara profesional minimal lima tahun atau setara dengan anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)/Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) yang telah bersertifikat/profesional/memiliki SIPTB/mempunyai sertifikat keahlian-SKA Madya).

Selain itu, sambung Herry, peserta sayembara juga hanya dapat memasukkan satu karya terbaik. Setiap peserta juga wajib memiliki alamat email, hasil karya bersifat orisinal dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya. “Sayembara tersebut terbuka untuk warga umum yang memiliki pengalaman di bidang arsitek atau arsitek lansekap. Sayembara tersebut tidak dibuka secara berkelompok,” tuturnya di Depok.

Iya juga menjelaskan nantinya, para pemenang sayembara akan terbagi dalam tiga kategori dengan total hadiah sebesar Rp100 juta. Untuk pemenang I sebesar Rp 50 juta, pemenang II Rp 30 juta, dan pemenang III Rp 20 juta, “Untuk pemenang I akan dijadikan sebagai tim ahli yang nantinya akan dilibatkan saat perencanaan pembangunan RTH,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk penyerahan dokumen sudah bisa dilakukan pada 21 November-12 Desember, penilaian proposal teknis tanggal 15-18 Desember, presentasi karya mulai 19 Desember, dan untuk pameran hasil karya sayembara 20 Desember. Sementara pemenang sayembara akan diumumkan pada tanggal 22 Desember 2017. (jif)