DEPOK (Bisnis Jakarta) – Kampung In The Garden akan menjadi percontohan kampung ramah lingkungan di Kota Depok. Untuk mewujudkannya, Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok bersama dengan komunitas alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan pre-launching Kampung In The Garden di Rumah Joglo, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan.

Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok, Herry Syaifudin mengatakan, Kampung In The Garden dibuat untuk menjadikan sebuah kawasan yang ramah lingkungan dan memiliki nilai ekologis dengan merancang ulang berbagai aspek yang ada di kawasan tersebut. “Jadi semua aspek kita rancang ulang dengan pendekatan pengelolaan manusia dan sumber daya alam atau mengharmonisasi manusia dengan alam,” ujar Herry.

Ia menambahkan, pre-launching Kampung In The Garden guna memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan sebuah perkampungan yang ramah lingkungan. Dikatakannya, luas Kampung In The Garden tersebut mencapai 64 hektare yang terdiri dari 2 RW.

“Kita ada penguatan-penguatan kelembagaan masyarakat seperti koperasi dan penguatan keahlian masyarakat melalui berbagai pelatihan. Kita juga ingin menata perkampungan ini mulai dari sanitasi, pengolahan sampah, septictank, dan penanaman pohon di setiap rumah, ” jelasnya.

Dikatakan Herry, Kampung In The Garden akan resmi diluncurkan pada bulan April 2018 mendatang, dengan harapan menjadi model atau percontohan semua daerah di Indonesia. “Kita ingin nantinya Kampung In The Garden ini bisa menjadi kampung percontohan bagi daerah-daerah lain,” harapnya. (jif)