TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Tiga kecamatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditengarai rawan banjir. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota setempat mengantisipasi dengan melakukan sejumlah persiapan dalam memasuki musim penghujan seperti saat ini. “Tiga titik yang memang sudah biasa terjadi banjir seperti di Pondok Aren, Ciputat, Pamulang,” ungkap Kepala BPBD Tangsel Chaerudin.

Chaerudin mengatakan bakal bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk mengantisipasi banjir. Sejumlah masalah, seperti drainase dan tanggul, sudah dilaporkan ke Dinas PU. “Sinergitas tersebut untuk mengetahui dimana titik rawan banjir, titik yang perlu diperbaiki, masalah drainase, masalah tanggul jebol itu sudah kami laporkan ke dinas PU,” imbuhnya.

Menurut Chaerudin, saat ini petugas sudah mengambil langkah antisipasi meminimalkan potensi banjir di titik rawan tersebut. Antisipasi itu melibatkan DPU dan Dinas Lingkungan Hidup. “Sudah ada, BPBD kan tugasnya melakukan mitigasi pencegahan, evakuasi. Untuk teknis sudah ada Dinas PU, untuk pohon ada Dinas Lingkungan Hidup, untuk yang lain kan ada posnya masing-masing,” pungkasnya. (nov)