ASEAN SME ACADEMY, Wadah Belajar Online Bagi UMKM 

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – ASEAN kini memiliki sebuah wadah belajar digital yang ditujukan bagi para UMKM yang diluncurkan awal November 2017. ASEAN SME Academy adalah lembaga pelatihan online bagi UMKM di kawasan ASEAN.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta mengatakan peluncuran website tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM sehingga memiliki nilai tambah dan meningkatkan daya saingnya.

Wayan Dipta bertindak sebagai ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small, and Medium Enterprises (ACCMSME) mengatakan website tersebut adalah wujud kerjasama dengan US-ASEAN Connectivity through Trade and Investment (US-ACTI), untuk menyelenggarakan Training of Facilitators (ToF) UMKM, pada tanggal 26 – 27 Oktober 2016. “Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas UMKM menjadi pelaku penyebarluasan informasi produksi dan pemasaran bagi dan dari UMKM ASEAN. Untuk lebih mengoptimalkan hasil pelatihan tersebut, dan seiring dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, diluncurkan ASEAN SME Academy,” kata Wayan di Jakarta, Jumat (1/12).

Materi yang diberikan dalam pelatihan on line tersebut mencakup bidang Keuangan/Akuntansi, SDM, Manajemen, Pemasaran, Operasional, Pemanfaatan Teknologi, Perdagangan/Logistik, dan sebagainya yang tersedia dalam 50 modul yang ditawarkan oleh 500 perusahaan dan anggota US-ASEAN Business Alliance for Competitive SMEs.

Selain itu, terdapat setidaknya 350 tautan yang berisi informasi bisnis yang relevan dengan kebutuhan UKM seperti informasi akses keuangan, program-program perusahaan dan jaringan yang dapat

Untuk lebih memudahkan penggunaan platform ASEAN SME Academy, ASEAN dan US- ACTI telah menerbitkan booklet sebagai panduan dalam mengakses platform ASEAN SME Academy, yang akan disebarluaskan di negara ASEAN. Booklet juga tersedia dalam Bahasa Indonesia sehingga masing masing UMKM Indonesia dapat mengakses langsung. Platform tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM untuk membantu peningkatan produktivitas UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia.

Guna menyebarluaskan informasi ASEAN SME Academy dilakukan kerjasama dengan para Pendamping PLUT. Di beberapa daerah para pendamping PLUT tersebut telah aktif mengikuti mengakses modul modul pelatihan yang tersedia pada ASEAN SME Academy. (son)