Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat

SURABAYA (Bisnis Jakarta) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyiagakan lima bus untuk sarana transportasi darat bagi warga atau para wisatawan mancanegara yang berpergian ke Kota Denpasar, Bali, di Terminal Purabaya Surabaya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat di Surabaya, Jumat, mengatakan penyiapan lima bus itu dilakukan sejak terjadinya erupsi Gunung Agung di Bali.

“Sejak Bandar Udara Internasional Ngurah Rai ditutup, banyak wisatawan yang mengalihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi darat sehingga mulai pekan ini ada sejumlah turis yang beralih menggunakan bus,” katanya.

Tak hanya kesiapan bus, pihaknya juga menyiapkan petugas yang bisa berbahasa Inggris di Terminal Purabaya. Hal itu dikarenakan sejumlah turis juga ada yang mengalihkan perjalanan wisatanya, yang semula tujuan Bali ke beberapa tempat wisata di Jawa Timur. “Makanya kami siapkan armada yang cukup dan petugas yang bisa bahasa Inggris,” ujarnya.

Ia mengatakan penyiapan bus ke Denpasar tidak semata-mata untuk wisatawan, namun juga penumpang yang daerah tujuannya ke Bali. Adapun wisatawan mancanegara yang yang transit di Terminal Purabaya sebanyak 72 orang dengan perincian Amerika sebanyak 18 orang, Norwegia 9 orang, India 6 orang, Canada 6 orang, Afrika 4 orang, Malaysia 5 orang, Swiss 8 orang, dan Belanda 16 orang. (grd/ant)