DENPASAR (Bisnis Jakarta) – Maskapai penerbangan Australia, Jetstar Airways masih membatalkan sejumlah jadwal penerbangannya dari dan menuju Denpasar, Bali, meski Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sudah beroperasi normal. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Jumat, mengatakan pembatalan tersebut sepenuhnya kebijakan dari maskapai terkait.

Menurut Arie, pembatalan dari maskapai berbiaya murah itu tidak hanya untuk enam jadwal reguler tetapi juga dua jadwal penerbangan tambahan pada 1 Desember 2017. Jadwal penerbangan dari Bali yang masih dibatalkan Jetstar itu di antaranya JQ-128 tujuan Adelaide, JQ-38 tujuan Sydney, JQ-116 tujuan Singapura, JQ-58 tujuan Brisbane, JQ-91 tujuan Cairns dan JT-82 tujuan Darwin.

Selain jadwal reguler itu, dua jadwal penerbangan tambahan yang dibatalkan yakni tujuan Perth dan Adelaide. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dibuka kembali pada Rabu (29/11) sekitar pukul 15.00 WITA setelah ditutup sejak Senin (27/11).

Meski dibuka, namun sebagian di antara calon penumpang memilih menggunakan bus untuk diantar langsung ke Bandara Juanda di Surabaya atau ke Jakarta untuk melanjutkan penerbangan baik untuk domestik maupun internasional.

Sementara itu pergerakan penumpang dan pesawat pada Kamis (30/11), Arie mencatat untuk pesawat domestik yang berangkat mencapai 69 armada dan tiba 86 dengan jumlah penumpang yang berangkat mencapai sekitar 6.445 dan tiba 6.881 orang.

Sedangkan untuk rute internasional, jumlah pesawat yang berangkat mencapai 68 dengan penumpang mencapai 10.734 orang dan pesawat tiba mencapai 63 dengan 3.788 orang penumpang. (grd/ant)