SABANG (Bisnis Jakarta) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta operator kereta bandara segera melakukan uji coba untuk melayani penumpang karena secara teknis sudah tidak ada masalah. “Secara fisik, 25 Novembber sudah selesai tapi masih ada yang harus dikoordinasikan,” kata Budi Karya di sela-sela pelaksanaan Sail Sabang di Kota Sabang, Aceh, Sabtu.

Uji coba kereta bandara yang seharusnya dilakukan pada 1 November 2017 tertunda karena masih ada yang harus dikoordinasikan sebab jalur kereta bandara juga berhubungan dengan jalur kereta lain termasuk skytrains (kereta antarterminal) Bandara Soekarno Hatta.

Dimeminta PT Kereta Api untuk melakukan uji coba slot dan semingga ke depan kereta bandara sudah bisa beroperasi. Mulai 1 Januari 2018, kereta bandara akan mematok tarif Rp30 ribu dengan rute Stasiun Bandara-Stasiun Sudirman Baru. Setelah beroperasi penuh, tarif yang diusulkan Rp100 ribu.

Budi Karya mengatakan penentuan tarif dilakukan dengan memperhatikan nilai investasi PT Railink (operator kereta bandara) selain daya beli masyarakat. Dia mengatakan jika dibanding dengan taksi, tarif ini masih lebih murah sehingga diharapkan 30 persen penumpang pesawat menggunakan kereta jika nanti kereta beroperasi penuh dengan jarak antarkereta 15 menit.

Kereta Bandara dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), dan toilet terpisah antara pria dan wanita sehingga penumpang akan nyaman. Selain itu, di tiap gerbong kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

PT Railink (perusahaan patungan PT Kereta Api Indonesia dengan PT Angkasa Pura II) telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Satu rangkaian terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Jadwal kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48 WIB. (grd/ant)