Sehat Sukses Dengan Berlari

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Olahraga salah satunya lari merupakan aktifitas fisik yang jika dilakukan secara teratur tidak hanya menjaga kesehatan tetapi dapat menjadikan seseorang meraih berbagai prestasi.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan sangat penting dilakukan upaya pencegahan dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai penyakit diantaranya melakukan akivitas fisik seperti olah raga lari.

Gelaran Forwakop SME 5K Run 2017 yang digagas oleh Forum Wartawan Koperasi (Forwakop) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM ini adalah dalam rangka mewujudkan keinginan tersebut. Sejatinya, Forwakop berharap orang-orang yang berpartisipasi dalam hajatan ini terus termotivasi dan menginspirasi bahwa Semangat Berlari adalah langkah sederhana untuk Mencapai Kesuksesan.

Ketua Forwakop Syarif Hasan Salampessy mengajak masyarakat untuk secara rutin melakukan aktivitas fisik yang merupakan salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit sedini mungkin. “Sudah saatnya kita peduli dan meningkatkan kewaspadaan serta melakukan langkah-langkah preventif dengan berolahraga,” pesannya.

Ia pun beralasan, olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, bahkan lebih ekstrem lagi bahwa olahraga lari bisa menjadi seseorang meraih prestasi. “Lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik,” kata Pessy menjelaskan bak seorang dokter spesialis.

Selain dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh, antara lain mengurangi berat badan, menjaga kesehatan lutut, mencegah osteoporosis, dan mengurangi risiko jantung koroner. “Selain melakukan olahraga teratur, perlu menunjangnya dengan makanan dan gaya hidup yang sehat,” tambah Pessy berbagi pengalaman.

Itu sebabnya, Forwakop menginisiasi terselenggaranya lomba lari ini, tidak hanya terhenti pada gelaran yang pertama ini, tetapi akan terus digelar dengan melibatkan banyak peserta dan nominal hadiah yang terus ditingkatkan.

Gelaran olahraga yang digemarin seluruh lapisan masyarakat ini, rencananya akan dilepas Menteri Koperasi dan UKM AAGN Pupayoga dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Forwakop SME 5K Run 2017 – Series I ini akan berlangsung di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Minggu (17/12).

Acara yang mengambil motto ‘Semangat Berlari Untuk Mencapai Kesuksesan’ ini diharapkan diikuti 2.000 peserta dengab total hadiah Rp 150 juta. “Kami apresiasi semua pihak terutama pihak sponsor yang telah membantu dan ikut berpartisipasi dalam event ini. Kami berharap persiapannya nanti berjalan dengan lancar hingga pada hari H pelaksanaan,” ujar Pessy, panggilan Syarif Hasan Salampessy. (son)