JAKARTA (Bisnis jakarta) – Perubahan yang nyata harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat, semua akan turut serta berpartisipasi di dalam tahap awal dari titik perubahan menuju bangsa yang lebih baik. Anak muda sebagai penerus bangsa penting untuk mulai menyadari bahwa kaum mudalah yang akan berperan besar pada pembentukan citra bangsa atau biasa disebut nation branding, seperti apa Indonesia ingin dikenal itu tergantung pada aspirasi anak muda.

Atas dasar pemikiran itulah sekelompok anak muda yang peduli dengan perbaikan segala sektor di Indonesia mengadakan sebuah acara yang bertajuk #KitaIndonesia sebagai ajang temu muka setelah beberapa saat mencari tahu bentuk dan berapa besar cinta dan bangganya kaum muda terhadap Negara ini melalui komunikasi di sosial media.

Festival yang menjaring partisipasi beragam komunitas anak muda dan masyarakat ini mengusung tagline ‘Dari Kami Untuk Indonesia’ dengan menghadirkan beragam kegiatan menarik untuk masyarakat, khususnya anak muda. Puluhan komunitas mulai dari komunitas sosial, kuliner hingga komunitas hobi turut berpartisipasi dalam festival ini.

Diadakan pada hari Minggu, 10 Desember 2017, di Lapangan Parkir Gedung Sapta Pesona. Dalam festival #KitaIndonesia yang salah satu daya tarik yang disajikan adalah dengan dihadirkannya permainan ular tangga warna warni, menggambarkan warna warninya Indonesia, representasi keberagaman Indonesia dengan ukuran sangat besar. “Festival yang menjaring partisipasi berbagai komunitas mulai dari komunitas sosial, kuliner hingga hobi ini kami adakan sebagai langkah untuk mendukung upaya membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan Indonesia,” kata Shireen Al Athrus dan Je Artofa dari perwakilan Youtuber.

Keduanya berharap, dengan tema #KitaIndonesia ini juga dapat memicu masyarakat untuk bersama-sama bersatu padu menuju perubahan Indonesia yang lebih baik. “Terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata, dan dukungan pemerintah untuk pembentukan citra Indonesia di mata anak muda bisa dimulai dengan hal-hal seperti ini,” ujarnya.

Tidak hanya partisipasi komunitas, Festival #KitaIndonesia ini juga menghadirkan influencer media sosial yang saat ini digandrungi anak muda, youtuber, dan juga komunitas IndoMusikGram.

Para pegiat media sosial ini berbagi pemikiran dan juga pesan persatuan #KitaIndonesia melalui diskusi dan juga musik. Tidak hanya dihadiri oleh influencer media sosial, festival ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan band Maliq & D’Essentials.

Tidak ketinggalan juga dihadirkan penampilan tarian tradisional Indonesia sebagai bentuk wujud keanekaragaman budaya Indonesia. Tidak hanya itu, dari sisi kuliner akan ada banyak komunitas kuliner yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Juga ada Kopi Nusantara yang menghadirkan 82 varian kopi dari seluruh Indonesia.

Festival #KitaIndonesia ini juga diharapkan bisa menjadi langkah awal masyarakat untuk bersama-sama membangun kembali kebanggaan akan tanah air dan menguatkan kembali semangat persatuan Indonesia. Kegiatan ini diyakini bisa memberikan suntikan semangat kepada anak muda untuk melangkah maju menggapai cita-cita bangsa untuk berdiri sejajar dengan negara lain di dunia. (son)