Kondisi banjir di terowongan Dukuh Atas, Jakarta.

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Jakarta, Senin siang, mengakibatkan sebagian wilayah Jakarta banjir. Banjir setinggi lutut orang dewasa terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di antaranya Jalan Adityawarman dan Jalan Pattimura.

Akibat genangan ini, beberapa mobil mengalami mogok. Pengendara sepeda motor juga ada yang jatuh saat berusaha menerjang banjir.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan lainnya yakni Jalan Gatot Subroto juga mengalami banjir setinggi kurang lebih 50 cm. Selain itu, adanya pekerjaan jalan ditambah banjir membuat Jalan Terusan HR Rasuna Said hingga Mampang Prapatan macet parah.

Hujan deras kategori ekstrem menyebabkan genangan muncul di beberapa ruas jalan di Jakarta dengan ketinggian bervariasi. Genangan-genangan itu mengakibatkan arus lintas macet.

“Lalu lintas di ruas-ruas yang tergenang tersendat. Untuk sementara ini (genangan) di depan Kampus Atmajaya sama di sepanjang Jalan Rasuna Said,” kata petugas TMC Polri, Brigadir Indra, Senin (11/12/2017).

Genangan muncul di depan Kuburan Karet, Jakarta Pusat, Tol Kemayoran arah Tanjung Priok km 16+800, Jalan Adityawarman, Kebayoran Baru dan di depan Gedung Kemenaker. “Sama di depan Gancit (Gandaria City), genangan,” ujarnya.

Titik lain yang terdapat genangan yaitu underpass Dukuh Atas. “Airnya sepinggang, sama sekali nggak bisa dilalui,” ujarnya. BPBD DKI Jakarta menginformasikan hujan lebat yang mengguyur Jakarta siang ini masuk kategori esktrem. (grd/ant)