2020 Tangsel Bebas Jentik Nyamuk

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan endemis jentik nyamuk. Dari jentik nyamuk menjadi penyebab terjangkitnya demam berdarah, zika dan chikungunya. Untuk itu diharapkan setiap satu rumah ada satu jumantik (Juru pemantau jentik). “Gerakan jumantik setiap rumah memang efektif memberantas jentik dan dapat mencegah kasus demam berdarah, zika dan chikungunya,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suhara Manullang.

Untuk wilayah Kecamatan Pamulang baru Kelurahan Benda Baru yang sudah mendapatkan sertifikasi bebas jentik. Di 2018, ditargetkan delapan kelurahan di Kecamatan Pamulang bebas jentik. “Di 2020 mendatang kita targetkan Kota Tangsel menjadi Kota bebas jentik nyamuk,” imbuhnya.

Untuk mewujudkan itu, menurut Suhara diperlukan komitmen bersama untuk memberantas jentik nyamuk di lingkungan. “Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan untuk memberantas jentik sangat penting. Jika lingkunganya bersih masyarakat akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak hanya demam berdarah saja,” pungkasnya. (nov)