TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Menjelang perayaan tahun baru 2018, Kepolisian Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mengamankan 100 kilogram bahan pembuat dan peledak petasan. Tidak tanggung tanggung, ratusan bahan petasan yang terdiri dari potasium itu bisa digunakan untuk membuat petasan atau mercon ukuran kecil dengan jumlah yang massif. “Bisa sampai ribuan butir,” ungkap Kasat Reskrim Polres Tangsel, Ajun Komisaris Polisi Ahmad Alexander.

Tingkat kerusakan sangat parah apabila petasan itu meledak di tempat yang tidak seharusnya. Untuk itu, pihaknya telah mengantisipasi dengan melakukan pemusnahan terhadap barang berbahaya tersebut. “Pemusnahan yang dilakukan langsung oleh team jibom Gegana Korps Brimob Polri,” imbuhnya.

Sementara itu, diberitakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menegaskan bahwa pihak kepolisian terus melakukan upaya pengamanan terhadap tindakan penjualan petasan yang ada di masyarakat.

Mengingat bahaya petasan yang begitu desduktrif terhadap maayarakat, Polisi tidak akan ragu untuk menindak baik pelaku yang membuat atau yang menjualnya. “Kapolda Metro Jaya kini sudah menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk mengecek apabila ada oknum para pelaku pembuat dan penjual petasan. Inti dari kegiatan itu nantinya akan kita tindak tegas mulai dari yang pengguna, menyimpan, serta yang menjual petasan,” tandasnya. (nov)