PEKALONGAN (Bisnis Jakarta) – Arus kendaraan mulai tersendat setelah keluar dari pintu jalan tol Brebes menuju Semarang dan kemacetan panjang terjadi dari Tegal menuju Pekalongan, Jawa Tengah.

Pantauan Antara pada Sabtu (23/12) malam, arus lalu lintas mulai tersendat setelah keluar dari pintu jalan tol Brebes, usai Maghrib menuju arah timur Pulau Jawa yang disebabkan keluar masuknya pengendara mobil pribadi ke masjid dan ke rumah makan.

Cukup padatnya kendaraan di kawasan Jalan Pantai Utara itu sehingga keluar masuknya kendaraan untuk berhenti dan parkir serta lampu merah membuat arus lalu lintas tersendat. Kemacetan panjang mulai terjadi setelah memasuki Tegal hingga ke Pekalongan. Petugas kepolisian menyarankan kendaraan pribadi untuk menempuh jalan alternatif guna mengurangi kepadatan.

Menjelang dan di Pekalongan, kemacetan lebih disebabkan oleh dekatnya antara satu lampu merah dengan lainnya. Sementara arus sebaliknya terlihat lancar. Kepadatan lalu lintas menuju arah timur Pulau Jawa sudah terjadi sejak Jumat (22/12) malam, dimulai dari Jalan Tol Cikampek dan masih padat hari pertama libur panjang menjelang pergantian tahun. (grd/ant)