CIREBON (Bisnis Jakarta) – Sebanyak 16 gardu tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat dibuka untuk mengantisipasi adanya antrean kendaraan yang akan keluar menuju ke arah Jawa Tengah (Jateng).

“Untuk di Gerbang Tol Palimanan kami maksimalkan dengan membuka sebanyak 16 gardu, agar antrean kendaraan saat membayar tidak memanjang,” kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra, di Cirebon, Minggu (24/12).

Sedangkan, arah sebaliknya hanya dibuka empat gardu tol, karena memang tidak ada antrean. Namun, dia memastikan situasi arus kendaraan di Tol Cipali masih lancar. Menurutnya, pembukaan gardu tol di GT Palimanan itu tidak selalu 16 gardu ke arah Jateng, namun tergantung kepadatan antrean, baik menuju Jateng maupun Jakarta.

Dari data yang ada kendaraan menuju Jateng pada libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari biasa. “Namun dapat kami pastikan arus lalu lintas di Tol Cirebon masih ramai lancar,” katanya lagi.

Secara umum di wilayah Cirebon arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar, baik di jalan tol maupun non-tol, sepert jalur Pantura. “Akan tetapi kalau di jalur Pantura arah Kota Cirebon ada sedikit peningkatan kendaraan saat jam-jam tertentu,” katanya pula. (grd/ant)