LONDON (Bisnis Jakarta) – Pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City memperpanjang laju kemenangan mereka kali 17 secara beruntun berkat kemenangan 4-0 atas Bournemouth pada Sabtu, setelah juara bertahan Chelsea bermain imbang tanpa gol di markas Everton untuk tertinggal lebih jauh.

Pasukan Pep Guardiola memulai laju kemenangan mereka di markas Bournemouth pada musim panas silam dengan gol kemenangan di menit ke-97 yang dikemas Raheem Sterling, namun mereka mendapati lawan mereka yang berasal dari pesisir Selatan ini lebih mudah untuk ditaklukkan kali ini di mana Sterling kembali menyumbang gol.

Sergio Aguero juga mencetak dua gol dan Danilo melengkapi pesta gol timnya ketika City mencapai Natal dengan 55 poin dan koleksi 60 gol. Mereka memimpin 14 poin atas Manchester United yang akan memainkan pertandingan ke-19 mereka musim ini pada Sabtu malam di kandang Leicester City.

Chelsea tertinggal dua poin dengan 39 poin, koleksi poin total yang pada musim biasa akan membuat mereka masih berada dalam persaingan untuk perebutan gelar pada Natal, namun mereka dibuat frustrasi di Goodison Park setelah 25 tembakan ke gawangnya tidak menghasilkan apapun.

“Menurut saya, kami mendominasi permainan dan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Menurut saya ini hasil yang tidak adil. Everton layak mendapatkan kredit namun kami layak untuk menang,” tutur manajer Chelsea Antonio Conte.

Di sisi lain klasemen Newcastle United mengakhiri laju sembilan pertandingan tanpa kemenangan di liga dengan keberhasilan mereka menang 3-2 atas West Ham United di Stadion London dan keluar dari zona degradasi.

Marko Arnautovic membuka gol untuk West Ham namun Henri Saivet, Mo Diame, dan Christian Atsu mencetak gol untuk “The Magpies” yang naik ke peringkat ke-15 dengan 18 poin, unggul satu poin atas West Ham United yang turun ke peringkat ke-17.

Stoke City mengatasi rasa cemas mereka untuk turun tingkat di klasemen untuk menang 3-1 atas tim peringkat kedua dari bawah West Bromwich Albion, sedangkan klub juru kunci Swansea City, yang memecat manajer Paul Clement pekan ini, bermain imbang 1-1 dengan tamunya Crystal Palace.

Bournemouth bergabung dengan West Brom dan Swansea di zona degradasi. Brighton and Hove Albion mengatasi rasa cemas mereka untuk terdegradasi ketika Pascal Gross mencetak gol semata wayang saat melawan Watford, untuk membawa “The Seagulls” meraih kemenangan perdana dalam delapan pertandingan. Watford kini telah kalah empat kali secara beruntun dan lima kekalahan dari enam pertandingan terakhirnya.

Huddersfield Town tetap duduk nyaman di papan tengah ketika mereka bangkit dari tertinggal satu gol untuk bermain imbang 1-1 di markas Southampton. Tim peringkat keenam Burnley akan berhadapan dengan tim peringkat ketujuh Tottenham Hotspur pada Sabtu malam. (grd/ant)