ROMA (Bisnis Jakarta) – Marek Hamsik menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Napoli, memecahkan rekor gol Diego Maradona saat timnya menang 3-2 atas Sampdoria pada Sabtu yang sekaligus memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Italia menjadi empat poin.

Meski menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Mario Rui diusir keluar lapangan menyusul kartu kuning kedua yang diterimanya pada menit ke-77, Napoli, yang harus bangkit dari ketinggalan sebanyak dua kali, mampu meraih kemenangan di kandangnya San Paolo untuk kini mengoleksi 45 poin.

Hal ini membuat Napoli unggul empat poin atas Juventus yang akan berhadapan dengan AS Roma pada Sabtu malam. Pemain internasional Slovakia Hamsik membuktikan ketajaman Napoli dengan gol ke-116nya untuk klub di semua kompetisi yang membuat ia melampaui rekor 115 gol milik pahlawan asal Argentina Maradona, yang pencapaiannya telah diukir sejak 1991.

Mencetak gol dari jarak dekat untuk membawa Napoli memimpin 3-2 enam menit sebelum turun minum, gol pemain 30 tahun itu sudah cukup untuk mengamankan poin-poin krusial untuk sang pemuncak klasemen pada babak pertama yang berlangsung sengit.

Gaston Ramirez mengejutkan kubu tuan rumah dengan sepakan kerasnya saat laga baru berlangsung dua menit, namun Allan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-16.

Tim tamu kembali memperoleh keunggulan pada menit ke-27 ketika Fabio Quagliarella mengonversi penalti, yang kemudian mampu direspon Napoli enam menit kemudian di mana Lorenzo Insigne menyambar umpan silang Dries Mertens dengan sepakan voli untuk menjadi gol.

Hamsik, yang mengemas gol pertamanya utuk klub pada 2007, kemudian membuat intervensi menentukan setelah mendapat umpan dari Mertens dan, meski Rui harus diusir keluar lapangan, pertahanan Napoli mampu menjinakkan sejumlah ancaman pada babak kedua. (grd/ant)