DEPOK (Bisnis Jakarta) – Perayaan malam Tahun Baru kerap diisi warga untuk turun kejalan dengan berbagai kegiatan. Sehingga, dapat dipastikan bakal menyisakan timbunan sampah diberbagai titik keramaian. Untuk itu, Pemkot Depok, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengaku bakal mengerahkan 200 personel kebersihan, yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok.

“Untuk mengantisipasi, kami melakukan beberapa persiapan, salah satunya menyiapkan 15 armada truk, 11 roda tiga dan dua roda empat atau pikap. Untuk personel, di kerahkan 200 orang,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo belum lama ini.

Meski demikian, pihaknya menyebut setiap tahunnya tidak ada peningkatan sampah yang signifikan. Mengingat sampah yang dihasilkan dari sampah malam Tahun Baru hanya berupa sampah plastik maupun kertas. “Melihat tahun-tahun sebelumnya atau tiga tahun terakhir, perayaan Tahun Baru sampah yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Hanya sampah biasa seperti bekas selongsong kembang api, terompet, atau plastik,” tambahnya.

Adapun beberapa titik yang menjadi pantauan DLHK Kota Depok di malam Tahun Baru antara lain, di tempat pusat perbelanjaan seperti Margo City, Detos, ITC, Jalan Margonda, Fly Over Arif Rahman Hakim, Grand Depok City dan beberapa tempat lainnya.

“Selain mengerahkan 200 personel, kami juga menurunkan tim Jaga Gonda dan tim Buru Sergap (Buser) Sampah, yang melakukan patroli di sejumlah ruas wilayah. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan masyarakat saat pergantian tahun,” jelasnyanya. (jif)