Maksimalkan Momen untuk Konsumsi di Luar Rumah

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Gaya hidup konsumen urban Indonesia menunjukkan perubahan yang signifikan. Konsumen urban Indonesia kini menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah, menikmati lebih banyak aktivitas, dan berupaya untuk mencari lebih banyak pengalaman. Kelas konsumen ini pada umumnya saling terkoneksi, gesit, terekspos pada informasi, dan terbuka untuk mencoba hal-hal baru.
Gaya hidup ini memberikan perubahan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam mengalokasikan pengeluaran mereka, terutama untuk produk-produk siap santap dan minuman dalam kemasan.
Data dari Kantar Worldpanel Indonesia menunjukkan, konsumen lebih sering mengkonsumsi produk siap santap di luar rumah dibandingkan di dalam rumah dan pertumbuhan konsumsi di luar rumah mencapai dua kali lipat lebih besar. Produk siap santap menjadi makin mudah ditemukan, salah satunya berkat ekspansi minimarket di area-area yang mudah dijangkau seperti kompleks perumahan, kawasan sekolah, dan perkantoran.
Perkembangan ini dipantau oleh Kantar Worldpanel secara berkesinambungan, hasilnya menunjukkan produk siap santap memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikonsumsi di luar rumah dibandingkan dengan konsumsi di dalam rumah dengan kontribusi sebesar 61% dari total pangsa pasar dan diperkirakan akan terus meningkat.
Menurut Venu Madhav, General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, beberapa produk siap santap yang pada umumnya dikonsumsi di dalam rumah, mampu tumbuh tiga kali lebih tinggi ketika dikonsumsi di luar rumah. “Kategori minuman jus dalam kemasan menunjukkan penurunan bisnis pada level konsumsi dalam rumah, namun kategori ini masih berhasil tumbuh pada konsumsi luar rumah, didorong oleh kenaikan frekuensi pembelian,” tutur Venu.
Untuk memaksimalkan tren ini, para produsen perlu memperluas dan masuk ke lebih banyak momen kesempatan. Jelas terlihat, masih ada begitu banyak peluang dalam pasar out-of-home di Indonesia.
Makin banyak waktu yang dihabiskan di luar rumah akan tetap menjadi faktor utama yang mendukung potensi pasar out-of-home. (grd)