Stadion Padjajaran Bogor, Direnovasi Untuk ASIAN Games 2018

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Mimpi warga di Kota Bogor memiliki stadion sepakbola berstandar internasional tampaknya pada tahun ini akan terwujud. Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah berencana menjadikan Stadion Pajajaran, di jalan Pemuda, Kota Bogor menjadi salah satu stadion yang akan digunakan untuk kegiatan ASIAN Games 2018.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Eko Hadi Prabowo, mengunkapkan bahwa untuk mewujudkan rencana tersebut, kemarin tim dari Kementerian PUPR selaku PPK, kosultan pengawas dan pihak kontraktornya, serta perwakilan dari Pemprov Jawa Barat telah melakukan izin dan join survei venue ASIAN Games 2018 di satdion Padajaran, Kota Bogor.
“Alhamdulillah stadion Padjajaran telah dipilih untuk menjadi salah satu stadion untuk kegiatan ASEAN Games 2018 mendatang. Stadion itu harus segera direnovasi sehingga nantinya layak dan sesuai standar FIFA. Untuk merenovasi kira kira akan dibutuhkan dana sekitar Rp 3 miliaran,” kata Eko, di Balaikota Bogor. Selasa, (02/01).
Pesta olahraga ASIAN Games 2018 untuk cabang sepak bola dijadwalkan berlangsung pada 18 Agustus – 02 September 2018.
“Kontraktor yang nanti akan merenovasi stadion Padjajaran adalah tim kontraktor yang membangun Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan dan Stadion Pakansari, di Kabupaten Bogor,” jelasnya.
“Ya semua dong, termasuk tribun, lighting (cahaya penerangan) untuk lapangan, kamar mandi termasuk bench pemain dan yang lainnya seperti tiang gawang akan diganti,” tegasnya.
Proses renovasi, akan mulai dilakukan pertengahan bulan ini dan ditarget rampung pada Juli mendatang.
“Nantinya seusai direnovasi tim Persikabo akan langsung menggunakan stadion Padjajaran sebagai tempat latihan, termasuk tim-tim sepakbola dari negara lain yang mengikuti ASIAN Games 2018,” jelasnya. (bas)