JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Mengawali tahun 2018 ini, PT Pelni memperkenalkan inovasi di layanan pengiriman kargo atau kontainernnya kepada publik. Untuk mempermudah pengiriman kargo atau kontainernya, para pemilik barang sudah bisa mengunduhnya aplikasi Pelni Logistics di PlayStore untuk pengguna smartphone android, dan secepatnya akan tersedia di AppStore untuk smartphone Apple.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio si Jakarta, Kamis (4/1) mengatakan, Aplikasi Pelni Logistic merupakan upaya perusahaan untuk mempermudah pelanggan Pelni di jasa pengiriman barang. Dengan aplikasi ini, pemilik barang dapat melakukan pemesanan kontainer lebih cepat dan pasti.

Aplikasi ini, kata Didik, sangat mudah digunakan, cukup memasukan jumlah kontainer yang ingin dipesan, kemudian akan tampil jadwal kapal yang tersedia serta biaya yang dibutuhkan. Diakhir pesanan, aplikasi secara otomatis mengirimkan kode pemesanan (booking) ke email pemesan untuk selanjutnya tinggal melakukan pembayaran melalui ATM. Cepat, elisien, dan transparan. Keunggulan lain yang diberikan aplikasi ini adalah pemilik barang dapat mencari tahu (tracking) posisi barangnya.

Aplikasi Pelni Logistics, jelas Didik, saat ini melayani tiga kapal dan 12 kota pelabuhan yang dilalui kapal penumpang Pelni. lumlah tersebut akan terns bertambah, dengan target pada akhir April nanti menjangkau 26 kapal penumpang Pelni dan 96 kotapelabuhan yang dilaluinya.

Sementara itu, Humas PT Pelni Sujadi menambahkan, saat ini PT Pelni mengoperasikan tujuh kapal Tol Laut dengan total kapasitas angkut mencapai 1.505 TEUs. Selain itu Pelni juga mengoperasikan 26 kapal penumpang, yg beberapa diantaranya memiliki ruang muat kontainer dan reefer kontainer.

PT Pelni juga memiliki anak usaha, Pelni Logistics (PT Sarana Bandar Nasional) yang bergerak dibidang freight forwarding. “Pemerintah juga mempercayai PT Pelni untuk mengoperasikan 46 kapal perintis dan satu unit kapal ternak,” jelasnya. (son)