Peletakan batu pertama pembangunan gedung Mako Polresta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Ketua DPRD Kota Bogor, Jawa Barat, Untung B Maryono mengharapkan Polresta Bogor Kota semakin meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat, dengan dilengkapinya sarana prasarana gedung markas komando termegah di Kota Hujan.

“Semakin meningkat sarana dan prasarananya otomatis fasilitas kepada masyarakat juga harus optimal, Polresta Bogor juga harus memperkuat koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam menjaga kondusifitas Kota Bogor,” kata Untung usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung Mako Polresta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat.

DPRD Kota Bogor telah memfasilitasi pembangunan gedung Mako Polresta Bogor Kota yang dana pembangunannya menggunakan hibah APBD Kota Bogor senilai Rp13,2 miliar.

Menurut Untung, adanya hibah untuk pembangunan sarana prasarana kepolisian merupakan yang pertama kali terjadi di Kota Bogor. Hal tersebut menunjukkan kuatnya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Kepolisian untuk saling mendukung satu sama lainnya.

“Ini pertama kalinya terjadi pelaksanaan pembangunan Mako Polresta Bogor atas kerja sama dengan pemerintah daerah,” kata Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Ia mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor mengalami peningkatan sejak tahun 2013 yakni tadinya hanya berkisar Rp285 miliar menjadi Rp1 triliun, bahkan mendekati Rp1,5 triliun di dua tahun terakhir.

Menurutnya peningkatan PAD tersebut atas kerja sama semua sektor, dan dorongan dari DPRD. Sehingga dengan adanya peningkatan tersebut wajar jika DPRD mendukung pemberian hibah untuk menunjang sarana prasarana kepolisian agar PAD terus berkesinambungan.

“Agar PAD ini terus berkesinambungan kita perlu kerja sama dengan semua sektor (termasuk kepolisian),” kata Untung.

Polresta Bogor Kota akan membangun gedung markas komando terdiri atas tiga lantai yang proses pengerjaannya berlangsung selama tujuh bulan terhitung dari Januari 2018.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan awal 2018 pihaknya bisa melaksanakan pembangunan Mako Polresta berupa gedung tiga lantai. Pembangunan sarana prasarana tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan DPRD Kota Bogor hingga mengeluarkan anggaran hibah untuk menunjang pembangunan markas komando tersebut.

“Inshaa Allah ini akan menjadi mako termegah, di Kota Bogor,” kata Ulung. (grd/ant)