PRODUK KURMA - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Drs. Anas Roesmana, bersama Dirut PT Kampung Kurma, Suwardi Tanoe, saat meninjau stan pameran produk pangan olahan berbahan baku buah korma, di Mall Botani Square, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Pekan Festival Kurma Tropika Indonesia, resmi digelar  PT. Kampung Kurma, di Mall Botani Square, Kota Bogor Senin, (8/1).

Direktur PT Kampung Kurma, Suwardi Tanoe, mengatakan bahwa Festival Kurma Tropika ini baru kali pertama digelar di Bogor bahkan di Indonesia. Di ajang yang dijadwalkan akan berlangsung selama sepekan (08-14/01), bertempat di lantai 1 Mall Botani Squre, Kota Bogor ini memamerkan berbagai produk pangan olahan berbahan baku buah korma tropika yang merupakan produk hasil olahan para petani buah kurma di wilayah Kota/Kabupaten Bogor.

Di ajang tersebut panitia juga akan menggelar berbagai acara terkait promosi buah kurma, mulai seminar, diskusi, pameran, hiburan, games dan beraneka lomba, seperti menggambar dan mewarnai untuk anak-anak.   “Ajang Festival Kurma ini tujuannya untuk mengedukasi masyarakat luas tentang potensi ekonomi dari bisnis ivestasi kurma tropika Indonesia. Ajang ini memang yang terbesar dan baru kali pertama digelar di Indonesia. Untuk itu kami berharap acara ini akan sukses dalam upaya mengenalkan kurma tropika kepada masyarakat luas, khususnya bagi pengunjung mall ini,” kata Suwardi Tanoe.

Di dalam ajang yang dijadwalkan berlangsung selama sepekan tersebut, pengunjung selain mendapatkan berbagai macam program acara terkait bisnis korma, mereka juga dapat menikmati berbagai produk makanan berbahan baku dari buah kurma. “Bisnis pertanian kurma tropika seperti yang saat ini kami kembangkan di sejumlah wilayah di Bogor ternyata peluangnya baik sekali. Bahkan dari sisi bisnis dan investasi ekonomi sangat bagus untuk terus kita kembangkan di Indonesia,” ujarnya.

Suwardi sangat berharap, dengan semakin banyaknya warga masyarakat di Bogor tertarik untuk berinvestasi dengan menanam pohon kurma tripoka, suatu saat Bogor selain dikenal sebagai kota penghasil talas, tapi juga akan dikenal sebagai Kota penghasil buah Kurma di Indonesia.  “Kalau di Negara Tailan saja kurma-kurma tropika ini bisa dikembangka dengan baik, kenapa di kita (Indonesia) tidak?. Apalagi kita juga tahu, bahkan telah buktikan di Kampung Kurma Tanjungsari dan Jonggol, kurma tropika ini ternyata hasilnya cukup bagus,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Drs. Anas Roesmana, yang berkesempatan membuka ajang Festival Kurma tersebut mewakili Walikota Bogor menyambut baik adanya Festival Kurma yang saat ini digelar PT Kampung Kuma, di Mall Botani Squre Kota Bogor.  “Kami selaku pemerintah daerah, tentu kami sangat mendukung bisnis dan usaha pertanian buah kurma tropika ini untuk terus dikembangkan di Bogor. Bahkan, saya sangat yakin dan percaya, bahwa usaha ini jika terus dikembangkan secara baik, kedepan akan menjadi salah satu potensi kekuatan ekonomi yang luar biasa besar bagi masyarakat di Kota Bogor,” harapnya. (bas)