JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Anggota Basarnas didorong untuk meningkatkan minat baca guna memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan. “Saya tidak sekadar menyuruh tetapi juga mempraktekkan sendiri, menulis dan membaca untuk meningkatkan wawasan,” ujar Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim usai penyerahan belasan buku kepada Kepala Basarnas Marsekal Madya M. Syaugi di Jakarta, Selasa (9/1).

Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim yang juga mantan Kepala Staf TNI-AU itu setelah pensiun dari dinas kemiliteran, aktif menulis buku dan berbagai artikel yang terbit dalam media massa nasional maupun internasional. Berbagai tulisan itu kemudian dijadikan buku.

Chappy menyatakan, semua rakyat Indonesia membanggakan Basarnas. Alangkah senangnya dapat memberikan buku kepada seluruh anggota Basarnas melalui perpustakan ini.

Harus diakui saat ini, kelemahan terbesar SDM Indonesia adalah literasi menulis dan membaca. Dari ratusan negara, Indonesia berada ada peringkat 60. “Saya senang dapat memberikan buku bagi Basarnas, karena dari fokus tulisan saya yakni defense, aviasi, dan leadership, maka ada benang merahnya dengan tugas Basarnas,” paparnya.

Sementara itu, Syaugi mengaku sangat terhormat dengan kehadiran Chappy Hakim, dan ini merupakan hari yang lama ditunggu, karena beliau sudah janji, waktunya ditunggu-tunggu terus. “Ternyata mungkin beliau menunggu saya menjadi (memeroleh) bintang 3 dulu,” kelakar Syaugi.

Syaugi meyakini, sebanyak apapun buku, pasti akan memberikan manfaat. Saat ini di perpustakaan Basarnas yang terletak di lantai dasar Gedung itu telah memiliki sekitar 800 judul buku dari berbagai literatur.

Mantan Atase Pertahanan di Moskow Rusia ini juga menyatakan kebanggaannya terhadap sosok Chappy yang tetap berdiri paling depan menjadi penulis, pengamat, dan pembicara di usia yang sudah tidak muda lagi. “Semoga ini bukan yang pertama dan terakhir,” ungkapnya.

Syaugi menambahkan bahwa kepada anggota Basarnas, didorong minimal 1-2 kali dalam seminggu untuk ke perpustakaan demi meningkatkan minat baca dan meningkatkan wawasan. (son)