TANGERANG (Bisnis Jakarta) – Masyarakat Tangerang dan sekitarnya sudah waktunya meninggalkan kendaraan pribadi menuju Jakarta, menyusul diujicoba bus rute Tangerang City Mall menuju ITC Kuningan Jakarta. “Tahap awal Perum PPD akan mengoperasikan empat bus Transjabotabek Premium untuk perjalanan pulang pergi,” kata Direktur Utama PPD Pande Putu Yasa saat pelepasan bus di Tangerang, Rabu (10/1).

Pada tahap awal, kata Putu, Perum PPD mengenakan tarif promo Rp 20.000 dengan jadwal tiga kali keberangkatan setiap 30 menit sekali mulai pukul 05.30 – 06.00 – 06.30 dan 17.00 – 17.30 – 18.00. “Untuk tarif promo ini akan kami lihat sebulan ke depan bagaimana permintaannya. Kalau sudah meningkat, baru kami tetapkan tarif normal,” ujarnya.

Perum PPD nantinya akan menyiapkan 10 unit bus untuk diberangkatkan dalam rute tersebut setiap harinya. Jumlah tersebut akan ditambah terus seiring meningkatnya permintaan layanan bus menuju Jakarta. “Rute bus melalui jalan tol via lajur khusus angkutan umum di jalan tol,” kata Putu.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono meminta Perum PPD dapat mempersingkat waktu tempuh menuju Jakarta. Bambang optimis, rute ini menjadi pilihan warga Tangerang dan sekitarnya mengingat tarif dan fasilitas yang disiapkan menjamin keaman dan kelancaran.

Bambang berharap, uji coba ini momentum bagi masyarakat untuk memulai menggunakan angkutan umum dan tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi dalam beraktivitas. “Ini bus menghubungkan mall ke mall, jadi cocok untuk masyarakat yang hobby ke mall,” katanya.

Sementara itu, Building Manager Tangcity Mall Wina Andriani berjanji akan menyiapkan lahan parkir khusus bagi masyarakat yang akan menggunakan bus menuju Jakarta. Ia juga akan mensosialisasi angkutan ini kepada pengunjung mall. (son)