JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Panglima TNl Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di Kemayoran Jakarta, Sabtu (13/1). Memakai kemeja putih, kedatangan Panglima TNl disambut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI M. Syaugi beserta para pejabat eselon satu.

Setelah bernostalgia, mengingat Hasi Tjahjadi pernah bertugas sebagai pejabat Basarnas, Pengalima meninjau peralatan Pencarian dan Pertolongan yang berada di samping gedung, dan disambut yel-yel para personil Basarnas Special Group (BSG).

Pada kesempatan ini para personil BSG menunjukan kemampuan menyelamatkan korban kecelakaan yang terjepit di dalam mobil atau dikenal dengan istilah Vehicle Accident Road (VAR) serta aksi penyelamatan korban di reruntuhan bangunan (Urban SAR). Berbagai peralatan canggih Basarnas juga ditampilkan menyambut kedatangan perwira tinggi berbintang empat ini. Bahkan Basarnas mengoperasikan sebuah drone berbentuk helikopter mini, dimana Basarnas atau Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang emimiliki empat unit drone heli.

Usai menyaksikan SAR Demo, Panglima TNl mengunjungi ruang pengendali operasi Basarnas Command Center (BCC). Di tempat ini, M. Syaugi yang merupakan junior panglima menjelaskan dan menunjukkan satu persatu aplikasi tercanggih Basarnas yang digunakan dalam membantu dan mendukung pelaksanaan pencarian dan pertolongan korban kecelakaan atau bencana di Indonesia.

Pria lulusan Akademi Angkatan Udara ini tentunya tidaklah asing dengan lingkungan Basarnas. Sebelum menjadi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjadi pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Bina Tenaga dan Pemasyarakatan (Binga) Basarnas.

Kunjungan Panglima TNl diakhiri dengan ramah tamah bersama seluruh pegawai, pejabat, serta Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). (son)