BERI PENJELASAN - Sekretaris Rumah Inspirasi Indonesia (R12), Adam Rumbaru (tengah) memberi penjelasan didampingi Budayawan Taman Mini Indonesia yang juga Penasehat Rumah Inspirasi Indonesia, Ali Paseh (kanan) pada jumpa pers di TMII, Jakarta, Kamis (18/1).

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan menjadi sorotan penting dari Rumah Inspirasi Indonesia (R12). Keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla dinilai dapat mendorong kehidupan warga masyarakat ke arah yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Sekretaris Rumah Inspirasi Indonesia (R12), Adam Rumbaru dalam acara Konferensi Pers yang bertajuk “Potret Pembangunan Infrastruktur Di Daerah Tertinggal dan Perbatasan sebagai wujud Keberhasilan Pemerintah Jokowi-JK di Anjungan Bengkulu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Wilayah perbatasan menurut Adam sejatinya dapat menjadi beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kami sangat mendukung pemerintah era Presiden Jokowi-JK yang telah berhasil membangun infrastruktur di wilayah perbatasan sehingga terlihat sebagai beranda depan NKRI dan bukan kumuh,” tegasnya.

Adam mengatakan, program pemerintah membangun infrastruktur di daerah perbatasan, juga daerah tertinggal tersebut menunjukan bahwa program ini telah menjadi pertumbuhan baru di bidang pembangunan infrastruktur.

“Ini merupakan satu kemajuan yang perlu diapresiasikan oleh seluruh warga masyarakat utamanya bagi mereka yang hidup di daerah perbatasan,” imbuhnya.

Lebih lanjut pria Maluku ini menilai, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan presiden Jokowi ini telah mencapai target yakni mulai dari jalan bendungan, hingga perumahan. “Pada bidang ketahanan air dan pangan, hingga kini telah diselesaikan 7 bendungan di antaranya Bendungan Jatigede, Titab, Nopah, Bajulmati, Rajui, Paya Seunara dan Teritip. Selain itu telah dilakukan pembangunan 265.000 hektar jaringan irigasi baru dan rehabilitasi 1,05 juta ha jaringan irigasi,” sebut dia.

“Di bidang konektivitas, telah diselesaikan pembangunan 2.623 km jalan baru, termasuk di dalamnya Jalan Trans Papua, perbatasan Papua, Trans Kalimantan, perbatasan Kalimantan, dan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT).”

Sementara itu, Budayawan Taman Mini Indonesia yang juga Penasehat Rumah Inspirasi Indonesia, Ali Paseh mengatakan, selain Presiden Jokowi yang membangun infrastruktur di daerah tertinggal dan perbatasan, dia juga membangun tiga hal penting adalah lingkungan, agama, dan budaya.

“Saya kira bukan saja pembangunan infrastruktur yang menjadi tolok ukur pemerintah Joko Widodo, namun tiga hal tadi juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembangunan,” jelas Paseh

Menurut Paseh, Lingkungan, agama dan budaya merupakan sebuah pondasi yang kuat sebagai penyangga pembangunan. “Ini kehebatan pemerintah era Jokowi-JK dalam membangun infrastruktur melalui pendekatan lingkungan, agama dan budaya,” aku Paseh. (grd)