BOGOR (Bisnis Jakarta) – DaIam rangka mengemban visi – Menjadi Pengelola Dana Pensiun Dan Tabungan Hari Tua (THT) Serta Jaminan Sosial Lainnya Yang Terpercaya – dan memenuhi target pembayaran manfaat pensiun sesuai prinsip 5T, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat JumIah, Tepat Tempat, dan Tepat Administrasi, PT Taspen melakukan kerja sama dengan PT Telkom Group. Kerjasama terkait dengan pengembangan dan impIementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun itu dilakukan di Bogor, Jumat (19/1).

CEO Telkomsigma Judi Achmadi mengatakan, Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun meliputi Pengembangan Sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasionai di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik seperti sidikjari (tingerprint), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition).

Pemanfaatan teknologi dimaksud, kata Judi, dapat dijadikan sebagai bentuk proof of life (pembuktian penerima pensiun masih hidup) yang dapat diakses melalui apIikasi mobile, yang dapat diinstall pada smartphone (otentikasi mandiri/sell authentication) penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses otentikasi agar Iebih cepat, dan akurat.

Sementara Dirut PT Taspen Iqbal Latanru mengatakan, dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempemudah dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. “Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat Iayanan pensiun, penyajian laporan Iebih cepat dan terukur,” kata Iqbal.

Mantan Dirut BTN ini mengungkapkan, digitalisasi ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dalam mengeIoIa Dana Pensiun Aparat Sipil Negara (ASN) sehingga meminimalisir terjadinya fraud. Tidak hanya itu, Taspen akan memberikan niIai tambah melalui Taspen Smartcard yang berfungsi tidak hanya sebagai Kartu Identitas Pensiun, namun juga sebagai Kartu ATM dan Debit, dan Program Loyalty Diskon pada merchants yang bekerja sama dengan Taspen maupun Mitra Bayer.

MeIaIui sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom Group ini, Iqbal berharap, tidak hanya meningkatkan kinerja dan benefit kedua perusahaan, namun sekaIigus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.

Di era digital ini, kata Iqbal, sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom serta dengan Mitra Bayar pensiun menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan peserta dan melakukan efisiensi perusahaan.

Semakin aktif dan banyak peserta yang terdaftar, kata dia, maka akan semakin mudah dalam monitoring dan reporting pembayaran pensiun khususnya juga peserta dapat segera menikmati kemudahan dalam melakukan self authentication melalui aplikasi smartphone-nya.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menambahkan, Telkom Group berkewajiban menyiapkan infrastruktur dalam pengembangan sistem new e-Dapem dan enrollment. Pengembangan insfrastruktur nantinya eksisting yang terintegrasi dengan seluruh mitra bayar dengan satu aplikasi secara online, yang juga dapat diintegrasikan melalui perangkat veritikasi atau otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen.

Sedangkan mengenai enrollment, kata Rachmawan, Telkom menyiapkan infrastruktur seperti perangkat data perekaman, aplikasi, jaringan dan lisensi biometrik termasuk instalasi konfigurasi sampai implementasinya. “Kami senantiasa menjadi partner andalan bagi mitra dan customer terutama berkenaan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya. (son)