KERJASAMA - Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan Bupati Pasaman AKBP (Purn) H. Yusuf Lubis, berfoto bersama usai acara Penandatangan Kerjasama (MoU), di Gedung Rektorat, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria dan Bupati Pasaman AKBP (Purn) H. Yusuf  Lubis, sepakat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama dibidang Percepatan pembangunan ekonomi di Kabupaten Pasaman.  MoU kerjasama antara IPB dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman ini dilakukan, di Ruang Sidang Rektor Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus Dramaga, Bogor, Kamis, (25/01).

Rektor IPB menyampaikan, kerja sama ini merupakan langkah yang sangat penting. Di mana IPB punya tanggung jawab moral dalam rangka mensinergikan pembangunan daerah dan menguatkan pembangunan pertanian. “Dengan keragaman fakultas yang dimiliki IPB, banyak bidang yang bisa dikerjasamakan,” ujar rektor.

Dalam bidang pendidikan misalnya, IPB memiliki jalur penerimaan Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Jalur BUD ini didanai oleh pemerintah daerah untuk mendidik putra-putri daerahnya dengan tujuan saat lulus pendidikan dari IPB mereka wajib kembali untuk membangun daerahnya.

Bupati Pasaman, AKBP (Purn) H. Yusuf  Lubis, mengucapkan terima kasih kepada IPB yang telah memberikan kesempatan untuk kerja sama ini. Ia mengatakan penandatanganan MoU hari ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya pada Desember 2017 lalu. “Saya berharap melalui kerja sama ini IPB dapat membantu Kabupaten Pasaman dalam hal pendampingan percepatan pembangunan ekonomi terutama dalam sektor pertanian,” ujarnya. (bas)