DEPOK (Bisnis Jakarta) – Berdasarkan data astronomi, akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada 31 Januari 2018 mendatang, yang diperkirakan untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) terjadi pukul 19.45 wib. Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengimbau warga masyarakat yang beragama Islam untuk melaksanakan salat sunah GBT di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut disampaikan memalui Surat Edaran Nomor 451/66/Kesos yang ditujukan kepada kecamatan dan kelurahan untuk melaksanakan salat gerhana.

“Sesuai dengan visi Kota Depok yaitu unggul nyaman dan religius, kami mengimbau kepada lurah dan camat untuk mengajak umat muslim melaksanakan salat sunah gerhana sesuai dengan wilayahnya,” tutur Asisten Hukum dan Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sri Utomo di Balai kota, Senin (29/01).

Menurutnya, untuk wilayah Jabar, gerhana bulan total terjadi pada pukul 19.45 wib dan puncak gerhana total pukul 20.29 wib. Sementara untuk akhir gerhana total pukul 21.07 wib. “Pemkot Depok juga akan mengadakan salat sunah gerhana di Masjid Agung Balai Kota bersama bersama dengan Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah (Sekda), dan Forkopimda setelah salat Isya. Kita harapkan seluruh Perangkat Daerah (PD) mengutus perwakilannya untuk hadir,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui salat sunah gerhana tersebut semakin meningkatkan silaturahmi serta sebagai wujud syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan terjadinya fenomena alam tersebut. “Mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan, keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kedamaian khususnya di Kota Depok. Kalau kita bersama-sama bersilaturahmi, Insya Allah, Tuhan akan memberikan yang terbaik,” jelasnya.(jif)