DEPOK (Bisnis Jakarta) – Kota Depok kembali mendapat alokasi dana hibah dari Pemprov DKI. Hibah yang akan diberikan sebesar Rp 17,5 miliar sebagai bentuk sinergitas dua wilayah tersebut, nantinya akan digunakan Pemkot Depok untuk menormalisasi situ yang ada di Universitas Indonesia (UI) dan pelebaran jalan di bawah Fly Over UI.
“Tahun 2018 DKI Jakarta memberikan hibah Rp17,5 miliar. Dana tersebut, digunakan untuk normalisasi situ di UI, ada sekitar lima situ dan diperkirakan menghabiskan dana Rp7,5 miliar. Sedangkan Rp 10 miliar akan dialokasikan untuk pelebaran di jalan ke arah Fly Over UI dan setelah fly over arah Pasar Minggu,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Manto.
Dikatakannya, nantinya pekerjaan normalisasi situ dan pelebaran jalan, akan dilakukan antara bulan Juli sampai dengan September atau menunggu kesepakatan hibah antara DKI Jakarta dan Kota Depok terlebih dahulu.
“Akan kami kerjakan pada triwulan ketiga, antara Juli sampai September. Insya Allah kami siap bersinergi, terlebih pelebaran jalan ini berlokasi di wilayah perbatasan, yaitu antara Depok dan Pasar Minggu,” jelasnya.
Manto juga mengatakan, dana hibah kerap diberikan DKI Jakarta kepada Kota Depok setiap tahunnya. Program ini bertujuan untuk mendukung keserasian, keseimbangan, keselarasan, dan keterpaduan dalam rangka penguatan pembangunan antara DKI Jakarta dan wilayah sekitar seperti Depok.
“Diharapkan Kota Depok dan DKI Jakarta dapat terus bersinergi dalam rangka peningkatan pembangunan. Terlebih, Kota Depok sebagai penyangga ibu kota,” ungkapnya. (jif)