TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Fenomena alam gerhana bulan total atau Super Blood Moon diprediksi akan terjadi pada besok, Rabu (31/1). Di kota Tangerang Selatan (Tangsel), Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat menyebarkan surat edaran untuk mengajak masyarakat salat gerhana bulan. “Iya himbauan dari Kementerian Agama dan MUI sudah ada,” ungkap Sekretaris MUI Kota Tangsel, Abdul Rojak.

Lebih lanjut Rojak mengatakan, pihaknya sudah mengedarkan surat dengan Nomor 2/ SH/MUI-Tangsel/I-2018 prihal imbauan menyelenggarakan atau melaksanakan salat gerhana bulan. “Surat edaran dari MUI Tangsel sudah disebar ke masjid-masjid, sekolah, pemerintah dan majelis taklim yang ada di wilayah Tangsel,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, gerhana bulan ini diprediksi akan berlangsung selama lima jam 20 menit. Untuk itu, umat muslim dianjurkan melaksanakan salat sunah khusufi Al Qamar sebagai bentuk tasyakur atas kuasa Allah SWT.

Adapun tata cara melaksanakan salat gerhana bulan setelah salat Isya dilanjut zikir dan tahilit bersama. Hingga 20.25 WIB langsung melaksanakan salat dengan niat kepada Allah SWT. “Sunah Khusufi Al Qamar dilaksanakan dua rakaat, niatnya ussali sunatal bil qhusul Alqomar dua rakaat makmuman/imaman mistakeIlal kiblati lillahitala Allahuakbar,” pungkasnya. (nov)