JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Perum PPD terus mengembangkang sayapnya dengan membuka trayek-trayek baru demi memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan umum khususnya Transjabodetabek Premium. Bersama dengan PT Adhi Persada Properti, anak usaha PT Adhi Karya secara resmi melakukan pembukaan rute dari titik Grandhika City Lifestyle, Jatiwarna.

Pande Putu Yasa, Direktur Utama Perum PPD mengatakan, tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya, dan berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternative ataupun solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai gaya hidup.

Dengan berjalannya rute Trans Jabodetabek Premium dari dua titik proyek property yang dikembangkan APP, akan menjadi titik awal dari sinergi antara APP dengan Perum PPD. Kedepan, APP berkomitmen akan menjalin kerjasama yang serupa untuk mengtintegrasikan semua project-project properti yang dikembangkan, dengan sistem transportasi umum.

Agus Sitaba, Direktur Utama PT Adhi Persada Properti mengatakan, ini merupakan sebuah bukti dari APP, bahwa kami tidak hanya sekedar membangun hunian, namun yang kami bangun adalah sebuah kehidupan. Dalam kehidupan, tentu masalah transportasi yang terintegrasi menjadi kebutuhan dari penghuni kawasan yang kami bangun. Dan hari ini kami mewujudkan semua itu, dengan bekerjasama dengan Perum PPD.

Agus Sitaba menambahkan, APP berkomitkan, akan terus menjalin kerjasama dengan penyedia transportasi. Dan kedepan, trayek dapat disesuaikan dengan jalur-jalur menuju stasiun LRT, sehingga memudahkan masyrakat menuju pusat kota.

Grandhika City Life Style, adalah kawasan mixed used yang dikembangkan oleh APP dilahan seluas 41.498 M2. Nantinya kawasan ini terintegrasi dengan beberapa tower apartemen, mall, dan juga hotel. Dengan adanya rute Trans Jabodetabek Premium ini, akan memudahkan Penghuni untuk menuju pusat bisnis di Jakarta. Selain itu, dengan adanya Rute Trans Jabodetabek ini, akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Jatiwarna, sehingga mampu mengurangi kemacetan di Jalan TOL JOR.

Harun Al Rasyid, Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi mengatakan, peluncuran Trans Jabodetabek premium dari GDC Lifestyle Jatiwarna ke Jakarta, layak diapresiasi dan direspon secara positif. Pelayanan Trans Jabodetabek dari GDC Lifestyle Jatiwarna sangat membantu program pemerintah dalam mengurangi kendaraan pribadi di jalanan. Kota bekasi adalah salah satu kota yang berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir ini. Pertambahan jumlah penduduk, baik secara alamiah maupun karena faktor urbanisasi, tercatat masuk kategori tinggi dibandingkan beberapa kota disekitar Jakarta. Begitu pula pertumbuhan jumlah kendaraan sebagai moda untuk mobilitas menunjukkan angka yang sangat tinggi.

Di sisi lain kemampuan pemerintah untuk menambah dan meningatkan kualitas jalan sangat terbatas dan pertambahan sangat tidak signifikan dengan pertumbuhan penduduk. Karena itu pelayanan transportasi masal sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan problem kemacetan dan transportasi di masa sekarang dan yang akan datang.

Diharapkan dengan pengoperasian penambahan trayek Trans Jabedetabek Premium tersebut, masyarakat dapat beralih menggunakan kendaraan umum dengan kelebihan waktu tempuh yang lebih singkat, selain berpengaruh positif untuk mengurangi kemacetan dan polusi.

Pande Putu Yasa menambahkan, dengan hadirnya layanan bus Perum PPD ini, kebutuhan transportasi masyarakat Jabodetabek terhadap transportasi murah dan handal dapat terpenuhi dengan baik, dan Perum PPD dapat menjadi salah satu penyedia layanan transportasi Jabodetabek yang semakin maju dan memenuhi harapan masyarakat. (son)