TANGSEL(Bisnis Jakarta) – Ratusan siswa SDN Serpong 04, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (31/1) mendapatkan pembinaan teknologi informasi (TIK). Kegiatan yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Setempat ini dilakukan untuk mewujudkan kota Tangsel sebagai smart city.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pencerahan kepada anak sejak dini dalam pemakaian internet sehat. Selain itu juga bisa menjauhkan dampak negatif pemakaian terhadap anak. Sehingga anak-anak dapat diarahkan penggunaan jaringan internet secara positif dan baik,” ungkap Kepala Diskominfo Kota Tangsel Ismunandar.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap dengan kegiatan ini para murid dapat mengelola pemakaian internet secara positif. Meskipun harus diawasi guru maupun orang tuanya.

“Orangtua dan guru harus tetap mengawasi anak saat menggunakan internet,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubdit Tata Sekolah Pemberdayaan Informatika pada Kementerian Kominfo Bambang Tri berpesan agar guru maupun orang tua untuk memberikan pengawasan saat anak mengakses situs internet. Sehingga anak tidak asal menerima informasi, menyebarkan foto serta video yang memberikan efek buruk.

“Kita harus pintar menyaring informasi dan tidak mudah percaya dalam berita hoax apalagi sampai ikut menyebarkan,” pungkasnya. (nov)