Ketua STIP Dinobatkan Sebagai Pemimpin Inspiratif 2018

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Capt. Sahattua P. Simatupang, MH, dianugerahi penghargaan sebagai salah satu Pemimpin Inspiratif 2018. Penghargaan yang diberikan 7SkyMedia ini adalah Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan dalam kategori Pemimpin Inspiratif dan diserahkan di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Bandung, Jumat (2/2) malam.

Sejak menjabat Ketua STIP, Capt. Sahattua memang fokus pada peningkatan mutu STIP dalam menciptakan SDM yang berilmu, kompeten, serta profisiensi yg mumpuni di bidang pelayaran niaga. Proyek Perubahan yang digagasnya mendapat dukungan penuh dari Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono dan Jajaran Pimpinan Tinggi Madya Kemenhub serta mayoritas stakholders terkait lainnya.

Proyek ini menjadi proyek yang menyatukan seluruh elemen di STIP untuk bersinergi menjadikan STIP menjadi lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan yang menerapkan kebijakan pola pembinaan pendidikan tinggi pelayaran berkarakter industri berkelas dunia di lingkungan kampusnya.

Inovasi yang dilakukan tersebut tersebar merata baik dari segi infrastruktur, pengembangan secara sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan akademik, pengembangan sistem teknologi informasi moderen untuk pengawasan di dormitory dan komunikasi secara internal dan eksternal serta sistem manajemen moderen untuk mutu pelayanan, keselamatan dan keamanan serta perlindungan lingkungan berorientasi kepada standar industri pelayaran niaga, juga pengembangan dalam kerjasama antara STIP dan para stakeholders.

Pada penghujung tahun 2017 lalu, gagasan Inovasi STIP yang diusung oleh Capt. Sahattua telah lolos pengujian oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dengan kategori terbaik dan sangat memuaskan. Pameran gagasannyapun masuk dalam kategori 5 terbaik dari 30 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah di seluruh Indonesia. Sampai saat ini gagasan proyek perubahan tersebut masih berlanjut dan sedang dalam tahap jangka menengah. Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono, mengucapkan selamat atas pencapaian ini, “Semoga penghargaan ini menjadi energi tambahan untuk lebih maju lagi dan terus berprestasi,” kata Djoko.

Bisma Mukti Wibowo juga selaku ketua penyelenggara dan penanggung jawab 7SkyMedia dalam pemberian penghargaan, mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut layak diberikan kepada mereka yang telah menunjukan kualitas dalam memimpin.

7SkyMedia merupakan manajemen yang memberikan apresiasi bagi pelaku yang telah menunjukan sumbangsih dan inovasi atas perubahan-perubahan yang memberi kemajuan dari beberapa sektor termasuk perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan sektor lainnya yang berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. “Awalnya saya tidak tahu samasekali mengenai 7sky media, sedikit terkejut ketika menerima surat pemberitahuan nominasi ini. Namun dengan dukungan Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono, saya menjadi yakin untuk menerimanya. Semoga STIP bisa terus memberikan yang terbaik dan saya ucapakan terimakasih kepada keluarga besar STIP dan BPSDM Perhubungan serta semua stakeholders, promoter, penghargaan ini untuk kita semua,” ujar Capt. Sahattua.

Secara khusus kepada seluruh pegawai di lingkungan STIP, Capt. Sahattua menyampaikan terimakasih, “Karena kerjasama yang baik, kesungguhan, integritas, dan persistensi, kita bersama telah mencapai titik ini. Semoga kinerja kita semakin baik dan bersama-sama menjadikan STIP menjadi center of excellence pendidikan pelayaran niaga di Indonesia.”

Inovasi dan pengembangan pendidikan pelayaran niaga ini sejalan dengan salah satu fokus pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, mengembalikan kejayaan kemaritiman Indonesia di kancah dunia. Tugas yang tidak mudah , namun juga tanggungjawab yg membawa kebanggaan. (son)