PENANGANAN BANJIR – Gubernur DKI Jakarta, Anis Rasid Baswedan, bersama Walikota Bogor, Bima Arya, saat memberikan keterangan terkait penanganan banjir, di lokasi Pos Bendung Katulampa, Kota Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Gubernur DKI Jakarta, Anis Rasid Baswedan, bersama Walikota Bogor, Bima Arya, dan sejumlah pejabat terkait mengunjungi lokasi Bendung Katulampa, Kota Bogor.

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta ke Bogor ini selain untuk bersilaturohmi, juga membahas dan melihat langsung berbagai upaya dan langkah untuk mensinergikan program kebijakan Pemerintah DKI dan Bogor, terkait penanganan masalah banjir.  “Saya sebagai Gubernur DKI Jakarta akan melakukan apapun untuk menangani persoalan banjir di Jakarta,” tegas Anis Baswedan, di lokasi Bendung Katulampa, Kota Bogor Senin, (12/02).

Menurut Anis, ada beberapa poin penting yang harus segera dilakukan dalam upaya menangani berbagai persoalan terkait banjir di wilayah DKI dan Bogor. Langkah tersebut diantaranya, membangun kesadaran bersama, bahwa banjir di wilayah Jakarta itu merupakan tangungjawab kita bersama. Membuat beberapa lokasi resapan air, penghijauan, normalisasi sungai dan lainnya.

 “Intinya kita semua harus duduk bersama untuk melakukan eksekusi bersama-sama baik itu Pemda Kota/Kabupaten Bogor, Depok, DKI dan Pemerintah Pusat, untuk bersama sama mengatasi persoalan banjir secara terpadu mulai dari wilayah hulunya (Bogor/Puncak) hingga hilir (Jakarta). Dan itu yang akan kami lakukan dalam waktu dekat ini,” tegas Gubernur DKI, Anis.

Walikota Bogor, Bima Arya dalam kesempatan itu menambahkan, bahwa dalam upaya mengatasi persoalan banjir di wilayah Bogor dan Jakarta, Pemkot Bogor telah mengusulkan kepada Pemprov DKI untuk mendukung pembuatan tiga  titik lokasi penampungan air sementara di wilayah Bogor, sehingga air yang melimpah di Bogor ini tidak langsung mengalir dan mengakibatkan banjir kiriman ke wilayah Jakarta.

 “Itu tadi saya sudah sampaikan untuk dibuat titik-titik penampungan air di wilayah Bogor. Titik penampungan air ini penting agar air hujan di Bogor dapat diolah sedemikian rupa, sehingga tidak mengalir langsung ke Jakarta,” usulan Bima Arya.

Adapun titik lokasi dan besaran anggaran untuk mewujudkan program tersebut, kata Bima, masih akan dibicarakan lebih lanjut bersama instasi dan dinas terkait. “Pada prinsipnya Pak Gubernur sangat merespon positif hal itu. Bahkan untuk urusan pendanaan Pemprov DKI juga telah siap membantu,” ujar Walikota Bogor, Bima Arya. (bas)