JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia terus melakukan ekspansi bisnis dengan membuka rute baru untuk melanjutkan pertumbuhan positif yang diperoleh, dan kali ini dengan membuka penerbangan langsung Jakarta – Banyuwangi dan menerbangkan tamu istimewa Menteri Pariwisata Arief Yahya. “Penerbangan perdana ke Banyuwangi ini merupakan komitmen Citilink Indonesia mendukung pengembangan pariwisata nasional yang masih bisa dijelajahi di Banyuwangi yang dikenal sebagai kawasan segitiga berlian, yaitu Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukomade,” kata Menpar Arief Yahya sebelum Iepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Kamis (15/2).

Penerbangan langsung rute baru Jakarta melalui bandara Soekarno Hatta – Banyuwangi menggunakan pesawat Boeing B-735 berkapasitas 120 penumpang untuk satu kali penerbangan setiap harinya. “Diharapkan dengan rute baru Citilink Indonesia ke Banyuwangi dapat mendorong percepatan mendorong percepatan pariwisata sekaligus meningkatkan konektivitas Banyuwangi dengan daerah lainnya di Indonesia serta untuk memperkenalkan pariwisatanya ke level internasional,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam kesempatan yang sama.

Diharapkan juga pembukaan rute baru ini dapat mendukung upaya pemerintah setempat dalam melakukan perbaikan infrastruktur, konsolidasi kekayaan budaya Iokal serta konsolidasi masyarakat pariwisata.

Selain itu, penerbangan rute Jakarta Banyuwangi ini juga merupakan kontribusi Citilink Indonesia dalam mewujudkan target pemerintah untuk memenuhi angka kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta kunjungan pada tahun 2019.

Citilink Indonesia juga melihat Banyuwangi memiliki pasar yang potensiaI untuk mengakomodir masyarakat sekitarnya dengan menyediakan alternatif penerbangan langsung ke Jakarta.

Sebelumnya, pemerintahmelalui Kementerian Pariwisata telah mengumumkan 10 destinasi wisata branding baru yang memuat Banyuwangi pada salah satunya, yaitu Bandung, Bali, Jakarta, Kepri, Joglosemar (Jogja-SoIo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Hingga saat ini Citilink Indonesia telah terbang ke 65 rute penerbangan dan 268 frekuensi penerbangan setiap harinya ke 32 kota di Indonesia dan regional.

Mengawali tahun 2018, Citilink Indonesia berhasil meraih predikat maskapai berbiaya hemat berbintang empat dari Skytrax yang mensejajarkan dengan maskapai dunia lainnya seperti Norwegian Air dan EasyJet dari Inggris.

Citilink Indonesia merupakan maskapai LCC pertama di Asia dan ke tiga di dunia yang berhasil meraih predikat bergengsi di dunia aviasi tersebut.

Selain itu, Citilink Indonesia juga ditetapkan sebagai perusahaan jasa transportasi udara terbaik daIam mengelola aspek keselamatan penerbangan di sepanjang tahun 2017, serta mendapatkan penghargaan Top IT Implementation on transportation sector 2017. (son)