JAKARTA (Bisnis Jakarta) – PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III di Bali pada tanggal 23 sampai 25 Februari 2018. Pada Rakernas kali ini, rapat digelar secara tertutup agar berbagai persoalan dapat dilihat secara jernih. “Rakernas akan membahas hal-hal strategis berkaitan dengan pilkada serentak 2018, berbagai persoalan bangsa dan negara, dan tahapan strategis pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019. Dalam Rakernas tersebut juga akan disampaikan laporan dari DPD Partai seluruh Indonesia dan Badan-Badan Partai,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan ya g diterima di Jakarta, Selasa (20/2).

Menurut Hasto, salah satu agenda yang akan dibahas berkaitan dengan capres dan cawapres yang akan diusung PDIP. “Rakernas akan membahas hal-hal strategis terkait pemenangan pemilu. Demikian halnya dengan pasangan capres cawapres yang akan diusung, serta kapan momentum pengumuman, kongres telah memberikan mandat pada Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri,” imbuhnya.

Namun, Hasto memastikan Rakernas belum akan mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden. “Pernyataan ini penting, mengingat ada kecenderungan pemberitaan, oleh media tertentu, yang melakukan framing, sesuai agenda politiknya, namun seringkali merahasiakan narasumbernya. Padahal yang diberitakan adalah hal-hal penting bagi kehidupan bangsa dan negara,” tegasnya.

Hasto menegaskan sesuai tradisi yang mengakar di PDI Perjuangan hal-hal terkait dengan pengumuman nama pemimpin nasional akan disampaikan secara khusus dan dengan desain politik yang penuh dengan nuansa semangat cinta tanah air. Bagi PDI Perjuangan, fokus utama saat ini adalah memberikan dukungan yang lebih efektif bagi pemerintahan Bapak Presiden Jokowi.

Mengenai akan dicakonkannya kembali Joko Widodo sebagai capres PDIP di Pemilu Presiden 2019, Hasto menjawab yang pasti PDIP mengapreasi dan memberikan nilai positif atAS pencapaian dan keberhasilan Presiden Joko Widodo hingga 3 tahun pemerintahannya selama ini. “PDI Perjuangan memberikan apresiasi atas kerja keras dan pencapaian kinerja Bapak Jokowi, dengan model kepemimpinan turun ke bawah, dan kemampuannya menyelesaikan persoalan bangsa dan negara guna mewujudkan Indonesia yang lebih berdaulat, berdikari, dan berkebudayaan,” ujarnya. (har)