JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, Kordinator Kopertis Wilayah III Dr.Ilah Sahilah. M.S, dan Perwakilan 33 Perguruan Tinggi dalam acara pelepasan 294 perserta dari 33 perguruan tinggi di Skuadron 17 Halim Perdana Kusuma. Para peserta  bertolak ke Belitung Timur menggunakan pesawat hercules jenis C130. KKN atau kuliah kerja nyata rencananya berlangsung pada 19 Februari hingga 4 Maret 2018 di Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Biasanya KKN diselenggarakan oleh satu perguruan tinggi namun di KKN Tematik Merajut Nusantara 2018 diselenggarakan secara bersama-sama dengan mendapatkan dukungan dari TNI dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur. Ada 33 perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kopertis Wilayah III yang ikut berpartisipasi dalam KKN Tematik Merajut Nusantara, yaitu terdiri dari 3 akademi, 2 institut, 9 sekolah tinggi dan 19 Universitas.

Perguruan tinggi dalam kegiatan ini yang terlibat yaitu Akademi Keperawatan Hang Tuah Jakarta, Akademi Refraksi Optisi Leprindo, Akademi   Televisi Indonesia, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, IPMI International Business School, Bina Sarana Informatika, Polman Astra, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Ria Husada, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus, Sekolah Tingggi Manajemen IMMI Jakarta, Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti,  Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Budi Luhur, Universitas Darma Persada, Universitas Esa Unggul, Universitas Islam Jakarta, Universitas Jakarta, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammad Husni Thamrin, Univesritas Multimedia Nusantara, Universitas Pancasila, Universitas Prof.Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Respati Indonesia, Universitas Satya Negara Indonesia, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Trisakti dan Universitas Suryadarma.

Selain itu, kegiatan KKN Tematik Merajut Nusantara 2018 di Belitung Timur juga mendapat support tenaga dari 44 volunteer dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Malaysia yang tergabung dalam  Yayasan Sukarelawan Siswa atau Student Volunteers Foundation. KKN Tematik Merajut Nusantara 2018, akan memfokuskan kegiatan pada bidang pendidikan, kesehatan, Industri Kreatif dan pariwisata.

Seperti pemeriksanaan kesehatan, pembenahan sarana dan prasarana belajar, pendampingan untuk usaha industri kreatif milik masyarakat dan pengembangan destinasi wisata di Belitung Timur. Selama 14 hari pelaksanakan kegiatan KKN 294 peserta akan tersebar di 3 Desa dan 1 pulau yaitu Desa Senyubuk yang terletak di Kecamatan Kelapa Kampit, Desa Baru dan Desa Lalang yang berada di Kecamatan Manggar, dan Pulau Buku Lamau. Sementara untuk lebih memahami masyarakat Belitung Timur, para peserta akan menginap di rumah pendudukan, sebanyak 95 kepala keluarga akan menjadi orang tua asuh mereka selama KKN di Beltim. (grd)