Moskow, 2/2 (Bisnis Jakarta) – CSKA Moscow menjadi tim pertama yang mencapai 16 besar Liga Europa setelah gol Alan Dzagoev membawa mereka menang 1-0 pada leg kedua atas tamunya Red Star Belgrade pada Rabu, menyusul hasil imbang tanpa gol pekan lalu di ibukota Serbia.

Dzagoev mengamankan kemenangan timnya menjelang turun minum dengan penyelesaian jarak dekat sederhana setelah pergerakan mulus, di mana gelandang Konstantin Kuchaev memberi umpan kepadanya dengan umpan silang mendatar dari sisi kiri.

CSKA, yang menjuarai Piala UEFA pada 2005, mendominasi pertandingan di malam yang dingin melawan juara Piala Europa 1991 Red Star dan berpeluang menang dengan skor yang lebih besar, namun hal itu tidak terwujud karena beberapa penyelesaian buruk dan penyelamatan bagus kiper Red Star Milan Borjan.

Tembakan Kuchaev melebar ke tiang jauh dari jarak sepuluh meter, di mana Borjan telah kehilangan posisi pada menit ke-35, dan pemain Brazil Vitinho melepaskan sepakan dari jarak jauh yang melambung di atas mistar gawang pada menit ke-44, sebelum Dzagoev memecah kebuntuan.

Kuchaev mendapatkan operan menyilang saat melaju dan mengirimkannya ke Dzagoev, yang penyelesaiannya tidak memberi peluang kepada Borjan.

Vitinho melepaskan tembakan lain yang melambung di atas mistar dan Borjan menahan sundulan Dzagoev pada babak kedua, sebelum Red Star hampir membuat tim Rusia itu membayar kegagalan-kegagalannya memanfaatkan peluang.

Aleksandar Pesic melepaskan tembakan melebar dari jarak lima meter setelah mendapat umpan silang dari kanan pada menit ke-81, dan mitranya di lini depan El Fardou Ben Nabouhane melepaskan sepakan voli melebar pada menit ke-90.

Pertandingan-pertandingan lain akan dimainkan pada Kamis, di mana Borussia Dortmund mempertahankan keunggulan 3-2 atas Atalanta ketika mereka melawat ke markas tim Italia itu, sedangkan Celtic mengantungi keunggulan 1-0 atas Zenit St Petersburg.

RB Leipzig akan menjamu Napoli setelah memenangi leg pertama di Italia dengan skor 3-1, dan Arsenal semestinya memiliki tugas yang lebih ringan saat melawan Oestersunds menyusul kemenangan 3-0 mereka di Swedia.(ant)