Bandung, 23/2 ( Bisnis Jakarta ) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas 1 Bandung, memprediksi sebagian wilayah di Jawa Barat akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang pada siang hingga malam hari.

Dalam siaran tertulis dari BMKG, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang yakni di sebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Garut.

Adanya Belokan angin dan konvergensi di wilayah Jawa Barat, sirkulasi Eddy di Kalimantan, serta tekanan udara rendah di Australia bagian utara dan barat, menyebabkan kelembapan udara yang tinggi di wilayah Jawa bagian barat.

Hal tersebut mendukung pertumbuhan awan yang menyebabkan peluang terbentuknya awan hujan di Jawa Barat, termasuk Bandung dan sekitarnya.

Suhu udara berkisar antara 20,4 hingga 28,9 derajat celcius, kelembaban udara berkisar 55 hingga 93 persen, dan arah angin pada umumnya dari arah barat dengan kecepatan 05 hingga 18 kilometer/jam.

Sementara terkait kondisi gelombang air laut di Jawa Barat bagian selatan ketinggiannya dapat mencapai 1,5 hingga 3 meter serta dibagian utara mencapai 0,50 meter. (ant)